Kompas.com - 02/03/2022, 13:23 WIB

KOMPAS.com - Hieronimus Jevon Valerian, mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi salah satu mahasiswa berprestasi ITB yang menerima beasiswa Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA) Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Pada tahun 2021, terdapat lebih dari 900 mahasiswa Indonesia yang berhasil lolos IISMA ke berbagai macam universitas di Benua Amerika, Eropa, dan Asia.

Jevon merupakan penerima beasiswa IISMA di University of York, Inggris. Ia sendiri memiliki cita-cita untuk merasakan kuliah di luar negeri sejak SMA.

Jevon, mahasiswa program studi Aktuaria ITB Angkatan 2019 ini meraih IPK 4 yang memiliki segudang prestasi dan pengalaman.

Baca juga: Cara Belajar Jan Meyer, Peraih IPK Tertinggi ITB 2021

Jevon merupakan Mahasiswa Terbaik Tahap Persiapan Bersama (TPB) FMIPA 2019 dan telah mendapatkan penghargaan Dean’s List sebanyak 4 kali. Ia juga aktif dalam sejumlah organisasi, proyek, magang, dan kompetisi yang berkaitan dengan jurusannya.

Pilih Inggris, salah satunya karena Harry Potter

Ketika mendapat informasi mengenai IISMA dan menemukan program yang cocok, Jevon memutuskan untuk mengikuti tahapan seleksinya hingga akhirnya dinyatakan lolos.

Jevon memilih University of York karena ketertarikannya untuk studi di Inggris dan University of York merupakan salah satu universitas Russel Group yang menerima Duolingo English Test.

Selain itu, minatnya dalam film Harry Potter juga turut menjadi alasan memilih universitas ini.

Di University of York, Jevon mengambil empat mata kuliah dengan total 60 kredit (setara 20 SKS), yaitu Intercultural Competency, Employability and Academic Skill, Foundations of Business Ethics, Management and Marketing of Technology, dan Innovation and Firm Competitiveness.

Baca juga: Biaya Kuliah ITB Jalur SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri 2022

Selama di York, Jevon menemukan sejumlah gegar budaya mulai dari suhu dingin, makanan, hingga gaya belajar.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.