Kompas.com - 02/03/2022, 12:25 WIB

KOMPAS.com - Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit mematikan di Indonesia. Tak hanya bisa diderita orang dewasa, kalangan anak-anak juga bisa mengidap penyakit kanker.

Dokter Spesialis Anak Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) Universitas Diponegoro (Undip) Yetty Movieta Nency mengatakan, gejala kanker pada anak menjadi salah satu hal yang kerap tidak disadari para orangtua.

Sehingga orangtua perlu mengenali gejala kanker pada anak sejak dini. Hal ini penting dilakukan agar langkah penanganan bisa tepat dan potensi keberhasilan juga meningkat.

Yetty menekankan, deteksi dini kanker dan mengenal gejala awalnya sangat penting. Orangtua, masyarakat ataupun tenaga kesehatan, Primary Health Care atau pelayanan dasar harus benar-benar memahami, terutama keluarga.

Baca juga: Perusahaan Tambang Emas Ini Buka Lowongan bagi S1, Buruan Daftar

Gejala kanker pada anak

Tanda-tanda bahaya pada anak, antara lain:

1. Perutnya membesar

2. Berkurangnya penglihatan

3. Ada benjolan tidak normal

4. Pucat.

5. Pendarahan meskipun hanya mimisan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.