Kompas.com - 07/03/2022, 17:05 WIB

KOMPAS.com - Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Republik Indonesia di Tokyo, Yusli Wardiatno menyampaikan bahwa Tunas Indonesia Jepang kembali membuka peluang Beasiswa TIJ bagi pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah di Jepang.

Beasiswa TIJ berasal dari donasi para anggota dan alumni PPI Kobe, serta pelajar dan pekerja Indonesia di Jepang, diperuntukkan bagi pelajar SMA dan sederajat kelas XI dan XIII yang berprestasi namun berasal dari keluarga yang kurang mampu.

Hal ini disampaikan Yusli pada saat Persatuan Pelajar Indonesia Komisariat Kobe (PPI Kobe) menyelenggarakan Seminar dan Pertemuan (gathering) Penerima Beasiswa Tunas Indonesia Jepang (TIJ) Gelombang (Batch) XII.

Baca juga: Beasiswa S1-S2 Brunei 2022: Kuliah Gratis, Tunjangan Rp 6,7 Juta Per Bulan

Penyelenggaraan seminar ini, kata Yusli, merupakan salah satu program kerja PPI Kobe yang dirintis sejak 2006, pascagempa Yogyakarta dengan Program Foster Parents PPI Kobe.

Yusli mengatakan, setelah sempat vakum dari 2008 hingga 2010, Tunas Indonesia Jepang kembali dengan Beasiswa TIJ.

“Beasiswa ini berasal dari donasi para anggota dan alumni PPI Kobe, serta pelajar dan pekerja Indonesia di Jepang,” ujar Atdikbud Yusli seperti dilansir dari laman Kemendikbud Ristek.

Selanjutnya, Yusli memberikan semangat kepada para mahasiswa untuk bermimpi melanjutkan kuliah di Jepang sambil menyebut berbagai kelebihan kuliah di luar negeri.

“Ada beberapa kelebihan kuliah di luar negeri, yakni kualitas pendidikan yang baik dan berkualitas, serta peluang dalam meningkatkan jejaring global yang sangat penting untuk peningkatan karier dan pengetahuan. Selain itu, kuliah di negara lain juga membantu membangun rasa percaya diri yang merupakan salah satu kunci kesuksesan di masa depan,” urai Yusli.

Akan tetapi, Yusli mengingatkan sebagai generasi muda harus ingat bahwa tujuan utama kuliah di mana pun haruslah bermuara untuk kepentingan Indonesia.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 1 Tahun untuk Lulusan SMA-SMK, D3 dan S1

Acara seminar dan gathering yang bertajuk “Ayo Kuliah! Raih Mimpimu” ini juga bertujuan untuk memotivasi para penerima beasiswa agar selalu memberikan yang terbaik. Dipandu oleh Adi Ariffianto, penyelenggaraan seminar dan gathering ini dibuka secara resmi oleh Konsul Jenderal Republik Indonesia di Osaka, Diana ES Sutikno.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.