Kompas.com - 07/03/2022, 15:02 WIB

KOMPAS.com - Masa lima tahun pertama kehidupan anak merupakan periode kritis dan sekaligus fase emas. Pada usia dua tahun misalnya, pertumbuhan otak anak sudah mencapai 80 persen. Menginjak usia 5-6 tahun, pertumbuhan kian pesat menjadi 90-95 persen.

Sehingga, menyekolahkan anak sejak usia dini merupakan hal yang esensial menurut para ahli pendidikan anak usia dini sebagai langkah mengoptimalkan potensi dan kemampuan bersosialisasi anak.

Namun, bagaimana cara memilih sekolah PAUD atau prasekolah yang tepat bagi orang tua dengan anak-anak usia dini? Apa aspek penting yang perlu dilihat dan digali lebih dalam ketika memilih PAUD atau Prasekolah yang tepat bagi anak?

Baca juga: Orangtua, Ini Dampak Bila Sering Memarahi Anak Saat Belajar

Ahli PAUD yang juga merupakan Pendidik Rumah Main Cikal, Christopora Intan Himawan Putri mengatakan bahwa terdapat 3 aspek yang harus digali lebih dalam saat memilih PAUD untuk anak usia dini.

1. Tujuan pendidikan anak

Menemukan PAUD atau prasekolah yang tepat bagi anak usia dini dapat dilihat dari visi-misi yang dimiliki oleh sekolah.

Intan menuturkan bahwa keselarasan visi dan misi jangka panjang pendidikan anak usia dini dari sisi orang tua dengan sekolah sangat penting untuk optimalisasi tumbuh kembang anak.

“Keluarga adalah komunitas pertama dan utama anak. Pada masa pandemi ini kolaborasi antara sekolah dan juga keluarga menjadi kunci dari kesuksesan proses belajar. Rumah Main Cikal senantiasa melibatkan orang tua dalam proses tumbuh kembang anak,” tutur Intan dalam keterangan tertulis Sekolah Cikal.

Intan menjelaskan bahwa pendidikan anak usia dini perlu berfokus pada pengembangan diri setiap anak sesuai dengan fase tumbuh kembangnya.

“Secara berkala orang tua dan guru akan berdiskusi membahas PCC (Personalized Curriculum Circle) yang merupakan jurnal belajar personal setiap anak sesuai dengan perkembangan maupun kebutuhan anak tersebut. Hal ini akan mempengaruhi pendekatan yang dilakukan oleh guru kepada setiap anak,” jelas Intan.

Baca juga: 7 Tanda Anak Cerdas dan Berpotensi Punya IQ Tinggi

2. Program Belajar

Mengenali PAUD yang tepat bagi anak usia dini dapat dilihat dari program belajarnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.