Kompas.com - 12/03/2022, 09:34 WIB
|

KOMPAS.com - Salah satu cita-cita anak kecil ialah ingin jadi pilot. Sebab, terlihat keren bisa menerbangkan pesawat terbang. Apalagi pilot juga memiliki pendapatan puluhan juta rupiah per bulannya.

Hanya saja, untuk jadi pilot itu tak mudah. Sebab harus menempuh pendidikan tinggi di sekolah penerbangan untuk mendapatkan lisensi agar nantinya bisa menerbangkan pesawat.

Melansir laman Quipper Campus, Selasa (8/3/2022), berikut dijelaskan beberapa istilah yang digunakan untuk lisensi pilot.

Baca juga: Naik PPKM Level 4, Ini Dampaknya bagi Sekolah di DIY

Private Pilot License (PPL)

Adapun pemegang lisensi ini hanya boleh menerbangkan pesawat dengan mesin tunggal untuk kepentingan pribadi atau non komersial. Pemegang lisensi hanya boleh terbang di siang hari.

Commercial Pilot License (CPL)

Jika sudah memegang lisensi ini maka baru bisa menerbangkan pesawat komersial dan membawa penumpang. Namun, pemegang lisensi ini masih punya keterbatasan apabila belum memegang kualifikasi Instrument Rating (IR).

Instrument Rating (IR)

Lisensi Instrument Rating (IR) diperlukan untuk melengkapi lisensi CPL. Tentu agar pilot bisa menerbangkan pesawat dengan lebih lihai di siang dan malam hari, hingga menghadapi kondisi cuaca tertentu. Dengan lisensi ini, pilot akan siap menerbangkan pesawat dalam kondisi cuaca berkabut atau mendung.

Multi Engine (ME)

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.