Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/02/2022, 16:49 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Kini, banyak sekali film aminasi atau kartun. Ternyata, itu semua dibuat dengan komputer. Namun, semua itu dibuat oleh orang yang memang bergelut dibidangnya.

Jadi, dengan menggunakan teknologi komputer, sangat memungkinkan seorang animator membuat karya 2D, 3D bahkan 4D dengan berbagai efek yang semakin mendukung.

Saat ini banyak film-film animasi karya anak bangsa, seperti Si Juki The Movie, Kiko and Friend, dan Candy Monster. Bahkan film animasi Candy Monster ini merupakan produksi UMN Picture. Yakni rumah produksi yang berada dalam naungan Universitas Multimedia Nusantara (UMN).

Baca juga: Ini yang Dipelajari dan Prospek Kerja Jurusan Kriminologi

Lebih kerennya lagi, film animasi yang satu ini berhasil lolos seleksi untuk tayang di 2 event internasional, yaitu Zlin Film Festival ke-60 dan Chaniartoon International Comic and Animation Festival 2020.

Hal ini membuktikan bahwa kualitas animator-animator tanah air sebenarnya tidak ketinggalan dari animator luar negeri. Sehingga bukan hal mustahil jika kamu juga bercita-cita menjadi seorang animator hebat yang karyanya bisa disaksikan penduduk dunia.

Melansir laman Quipper, Senin (21/2/2022), dijelaskan bahwa di Multimedia Nusantara Polytechnic yang merupakan perguruan tinggi vokasi memiliki jurusan khusus yang berhubungan dengan animasi, yaitu Jurusan Digital Animation pada jenjang D4.

Jurusan Digital Animation

Jurusan Digital Animation adalah jurusan yang didesain khusus untuk memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa yang relevan dengan kebutuhan industri animasi saat ini. Sebagian besar media tayangnya telah merambah ke dunia digital.

Nantinya, jika kamu ambil jurusan kuliah ini maka akan menempuh selama 4 tahun dan berhak menyandang gelar S.Tr. Anim (Sarjana Terapan Animasi).

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini 10 Daftar Prospek Kerja Jurusan Bisnis Digital

Untuk mata kuliahnya antara lain Digital Graphics, Animation Principles, 3D Character Animation, Digital Sculpting, Digital Arts Methodologies, dan VFX Production.

Tapi perlu diingat, bahwa Jurusan Animasi itu berbeda dengan Jurusan Perfilman bahkan Jurusan DKV.

Perbedaan dengan jurusan lain

Bagi calon mahasiswa tentu harus paham dahulu perbedaan dengan jurusan lain. Yakni hal paling mendasar antara Jurusan Digital Animation dengan jurusan sejenis terletak pada kurikulum dan materi ajarnya.

Di Jurusan Digital Animation fokus mempelajari tentang teori dan teknik pembuatan animasi 3D, animasi game, animasi film, dan bidang-bidang lainnya yang mengimplementasikan konten animasi.

Untuk jurusan lainnya yang biasa diidentikkan dengan jurusan ini, seperti Jurusan DKV. Jurusan DKV mempelajari tentang pembuatan desain, videografi, ilustrasi, fotografi, animasi, hingga kaitannya dengan dunia marketing.

Sementara Jurusan Perfilman mempelajari tentang teknologi pendukung produksi film dan teknik-teknik yang biasa digunakan dalam tiap sesi produksi, mulai dari pra produksi, produksi, dan pasca produksi.

Baca juga: Ini 5 Jurusan Kuliah yang Suka Traveling

Jika kamu ingin menjadi animator andal berarti kamu harus ambil Jurusan Digital Animation.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com