Kompas.com - 19/03/2022, 14:29 WIB

KOMPAS.com - Semburan lumpur Lapindo pertama kali terjadi pada 29 Mei 2006 silam. Semburan lumpur Lapindo ini tentu merugikan masyarakat di sekitarnya.

Namun di balik tragedi ini, keberadaan lumpur panas di Porong, Sidoarjo ternyata menyimpan banyak beragam mineral.

Menurut Dosen Teknik Geofisika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Amien Widodo beragam mineral terkurung di bawah lumpur Lapindo. Amien menjelaskan, lumpur Lapindo terkandung Logam Tanah Jarang (LTJ).

Baca juga: Universitas Mercu Buana Yogya Buka Lowongan Dosen dan Staf

Kandungan mineral dalam lumpur Lapindo

Seperti neodimium, samarium, dan europium yang pemanfaatannya semakin meluas karena dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku produk industri berteknologi tinggi.

"Logam ini memiliki sifat-sifat yang tidak biasa sehingga sangat berguna saat dicampur dengan logam umum meskipun dengan jumlah sedikit," papar Amien seperti dikutip dari laman ITS, Sabtu (19/3/2022).

Amien mengungkapkan, lumpur Lapindo juga ditemukan Critical Raw Materials (CRMs) seperti litium yang umumnya dapat ditemukan di sekitar gunung berapi.

Menurut Amien, litium yang ditemukan di Lumpur Sidoarjo lebih menguntungkan jika dibandingkan yang ditemukan di gunung berapi karena pemisahannya lebih mudah.

"Pemisahan litium yang dilakukan tidak harus lagi melewati proses eksploitasi lebih dulu,” tambahnya.

Baca juga: Siswa, Ketahui 5 Jenis Senjata Tradisional Jawa Barat

Jenis-jenis tegangan yang dapat menyebabkan deformasi batuan sehingga terbentuk jebakan migas di bawah permukaan.

Amien menambahkan, penemuan ini didukung dengan data hasil penelitian oleh ITS pada tahun 2016 silam terhadap sampel air dari lumpur Lapindo.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.