Kompas.com - 21/03/2022, 13:48 WIB

KOMPAS.com - Kesuksesan bisa saja diraih di usia muda. Hal ini bisa kamu wujudkan jika kamu memiliki jiwa wirausaha, ketekunan dan mau bekerja keras.

Banyak contoh anak muda belum menyelesaikan kuliah namun berhasil memiliki usaha sukses beromzet jutaan.

Jika kamu ingin merintis usaha, salah satu hal pertama yang penting untuk dipikirkan adalah ide bisnisnya.

Melansir dari laman Universitas Bina Nusantara (Binus), Senin (21/3/2022), ada sejumlah ide bisnis kreatif yang bisa kamu coba untuk menghasilkan uang di usia muda.

Baca juga: Anak Usaha Astra Buka Lowongan Kerja bagi SMA/SMK-D3, Yuk Daftar

Bagi kamu yang tertarik untuk mulai berbisnis, cobalah sejumlah rekomendasi ide bisnis unik dan antimainstream berikut ini.

1. Barang antik

Kalau kamu termasuk orang yang gemar mengoleksi barang antik, cobalah untuk menjualnya secara online. Kamu bisa membidik target pasar yang spesifik, yakni kolektor barang antik.

Biasanya, seorang kolektor memiliki mata tajam untuk menilai sebuah barang. Makin antik atau tua umur barang tersebut, kolektor tak segan mengeluarkan banyak uang untuk memilikinya.

2. Ruang amarah

Pernahkah terlintas di pikiranmu untuk menyediakan sebuah tempat yang dapat digunakan untuk meluapkan amarah? Meskipun terdengar tak biasa, ide bisnis ini sangat menjanjikan.
Pasalnya, banyak orang bingung bagaimana cara melampiaskan rasa kesal atau marah tanpa harus diketahui atau merugikan orang lain.

Baca juga: Ikut UTBK SBMPTN 2022? Ini Rekomendasi Jurusan Kuliah bagi Siswa SMK

3. Produk daur ulang

Kalau kamu termasuk orang yang mempunyai daya kreativitas tinggi, cobalah berkreasi menggunakan barang bekas. Dari bahan seadanya, kamu bisa menghasilkan sebuah produk layak jual yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi tinggi.

Contohnya botol minuman bekas yang diubah menjadi kotak perhiasan, rol tisu toilet bekas yang diubah menjadi kreasi bunga untuk pajangan, plastik bekas yang diubah menjadi koinobori, koran bekas yang diubah menjadi bingkai foto, majalah bekas yang diubah menjadi pot tanaman.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.