Kompas.com - 26/03/2022, 08:13 WIB

KOMPAS.com - Seleksi mahasiswa baru, setiap tahunnya selalu disediakan 3 jalur utama. Pertama, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang saat ini tinggal menunggu pengumumannya pada 29 Maret nanti.

Lalu, jalur kedua adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang tengah berlangsung pendaftarannya.

Jalur ketiga, jalur mandiri di mana beberapa kampus ada yang sudah membuka jalur ini dan ada yang belum.

Baca juga: Cara Cek Daya Tampung UTBK SBMPTN 2022 dan Jumlah Peminatnya

Selama seleksi, calon mahasiswa bisa selektif dalam memilih kampus dan program studi. Misalnya, dengan mengecek akreditasi.

Selain minat dan bakat, kamu juga perlu mempertimbangkan akreditasi perguruan tinggi dan program studi yang ingin kamu tuju.

Sebab, akreditasi dapat menjadi standar penilaian terhadap lembaga pendidikan. Akreditasi dilakukan dan diupayakan oleh pemerintah untuk menjamin mutu pendidikan.

Proses akreditasi perguruan tinggi umumnya dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Hal itu sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2005. Proses akreditasi biasanya dilakukan setiap 5 tahun sekali oleh lembaga pendidikan.

Tak hanya perguruan tinggi, program studi pun perlu melakukan akreditasi. Jadi, kamu tak perlu heran jika menemukan akreditasi perguruan tinggi berbeda dengan akreditasi jurusan atau program studi.

Baca juga: 8 Jurusan Langka S1 di Indonesia yang Prospek Kerjanya Tinggi

Untuk itu, sebelum memilih jurusan, kamu juga bisa mengecek akreditasi perguruan tinggi dan program studi yang kamu inginkan di situs BAN-PT. Berikut caranya:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.