Kompas.com - 31/03/2022, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Apakah kamu suka nonton film horor, komedi, atau genre petualangan? Di Indonesia, film dengan genre tersebut sering dibuat sineas terbaik dalam negeri. Namun, ada beberapa film yang wajib ditonton pelajar karena mengandung kisah inspiratif.

Bahkan, tak sedikit film yang mendapat penghargaan dan sudah diputar di luar negeri. Dilansir dari laman Direktorat SMP, berikut 8 film inspiratif karya sineas tanah air .

1. Denias, Senandung di Atas Awan (2006)

Film ini menceritakan tentang Denias (Albert Fakdawer) adalah seorang anak laki-laki yang tinggal di kaki pegunungan Jayawijaya. Denias sekolah di sebuah pondok di atas bukit yang diasuh oleh Pak Guru (Mathias Muchus) yang datang dari tanah Jawa. Film ini menggambarkan Denias lalu berjuang demi bersekolah.

Baca juga: 5 Ciri Orang Cerdas Bukan Hanya Dilihat dari IQ, Kamu Punya Ciri-cirinya?

Cerita dalam film ini merupakan adaptasi dari kisah nyata seorang anak Papua yang bernama Janias. Selain menginspirasi, film ini juga merekam keindahan alam di tanah Papua. Film yang dirilis pada tahun 2006 ini juga sempat menyabet penghargaan dalam beberapa kategori pada ajang Festival Film Indonesia.

2. Laskar Pelangi (2008)

Film Laskar Pelangi merupakan film yang diangkat dari Novel dengan judul yang sama yang ditulis oleh Andrea Hirata. Film ini bercerita mengenai perjuangan anak-anak di Pulau Belitung yang berjuang untuk sekolah.

Meski dihadapkan dengan berbagai tantangan, namun Lintang, Mahar, Ikal, dan kawan-kawan berhasil mengukir prestasi yang membanggakan dengan mengalahkan anak-anak dari sekolah unggulan pada sebuah kompetisi.

Baca juga: Tahukah Siswa, 6 Makanan Khas Jawa Barat Ini Punya Singkatan Unik

Film yang sangat menginspirasi ini berhasil menjadi film terbaik dalam ajang Asian Film Awards, Hong Kong serta film terfavorit pada Indonesian Movie Awards.

3. Garuda di Dadaku (2009)

Bila Laskar Pelangi dan Denias mengisahkan perjuangan anak-anak untuk bersekolah, maka film Garuda di Dadaku mengangkat cerita tentang seorang anak laki-laki bernama Bayu (Emir Mahira) yang berjuang meraih impian menjadi pemain bola profesional meskipun ditentang oleh sang kakek.

Film ini dapat menginspirasi untuk meraih impian di bidang apapun. Film besutan sutradara Ifa Isfansyah ini berhasil menang sebagai Film Anak Terbaik pada ajang Festival Film Indonesia 2009.

4. Hafalan Shalat Delisa (2011)

Film lain yang tidak kalah inspiratif dan menghibur berjudul Hafalan Shalat Delisa karya sutradara Soni Gaokasak. Film berdurasi Seorang anak perempuan bernama Delisa (Chantiq Schagerl) tinggal di desa Lhok Nga.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.