Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Autis Punya 3 Kesulitan Ini, Psikolog UGM Beri Cara Mengatasinya

Kompas.com - 11/04/2022, 09:42 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjadi orangtua dari anak berkebutuhan khusus (ABK) memang tidak mudah.

Apalagi anak-anak dengan autis yang memerlukan perhatian ekstra dari orangtua dan cara mendidiknya, tentu memiliki tantangan tersendiri.

Agar proses membantu anak-anak autis belajar bisa lancar, orangtua perlu kiat khusus. Psikolog klinis RSA UGM, Titik Adianingsih, memaparkan kiat-kiat sebagai orangtua dalam mendidik anak autis.

Anak autis memiliki 3 tingkat kesulitan

Pertama, perlu diketahui bahwa anak-anak dengan autis memiliki tiga kesulitan.

Ketiga kesulitan tersebut antara lain kesulitan dalam berbahasa dan berkomunikasi, kesulitan dalam interaksi sosial dan pemahaman terhadap sekitarnya, dan kurangnya fleksibilitas dalam berpikir dan bertingkah laku.

"Bagi anak autis, dunia ini membingungkan, ada suara-suara, ada gerakan-gerakan, mereka tidak bisa paham, mereka tidak bisa membaca situasi sosial (sekitarnya). Kita kalau lagi marah misalnya, atau mengernyitkan alis itu mereka tidak paham," tutur Titik, dilansir dari UGM.

Baca juga: Orangtua, Ini Ciri dan Penanganan Anak Kecanduan Konten Pornografi

Oleh karena itu, untuk mendekati anak autis perlu menggunakan strategi menirukan mereka.

Contohnya, jika anak autis bersangkutan tengah bermain menumpuk mainan mobil-mobilan misalnya, maka orangtua bisa ikut bermain dengan cara tersebut, menumpuk-numpuk mainan juga.

"Prinsip dalam hubungan sosial adalah dimana kita akan lebih mudah diterima orang kalau kita melakukan hal yang sama dengan dia. Kalau kita ketemu orang berbeda budaya misalnya, kita akan lebih mudah berkomunikasi dengannya jika kita menemukan hal yang sama, anak-anak juga begitu," jelas Titik.

Kemudian ketika ingin berbicara kepada mereka, pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa dia memperhatikan orang yang mengajaknya berbicara.

Orangtua bisa menggunakan trik untuk memanggil namanya terlebih dahulu sebelum berbicara seperti “Atha, waktunya makan”.

Baca juga: Pakar Unair: Tips bagi Kakek-Nenek Merawat Cucu Berkebutuhan Khusus

Sangat tidak dianjurkan jika orangtua atau siapapun baru memanggil namanya di akhir kalimat seperti “Waktunya makan, Atha”, sebab anak bisa kehilangan (lupa) pesan sebelumnya karena dia baru menyadari bahwa pesan tersebut diperuntukkan untuknya.

Lalu, Titik menganjurkan juga untuk membuat kontak mata dengan si anak. Anda dianjurkan untuk duduk di depan mereka agar posisi mata anda dengan si anak sejajar.

Kedua gunakanlah kalimat pendek ketika berbicara kepada mereka.

"Usahakan ada jarak 6-10 detik antar satu kalimat dengan kalimat berikutnya. Kalau kita terburu-buru mengatakannya, mereka bisa jadi kacau. Jadi gunakan kalimat kalimat pendek dan ada jeda, karena mereka (sekiranya) butuh 6-10 detik untuk memproses setiap kalimat," tuturnya.

Ketiga adalah gunakan petunjuk visual ketika berbicara dengan mereka.

Titik menjelaskan bahwa anak-anak autis memang memiliki kekurangan dalam berbahasa. 

Baca juga: Dokter UGM: 6 Gejala Kanker pada Anak yang Orangtua Harus Tahu

Namun sebaliknya mereka mempunyai kelebihan dalam visualisasi. Mereka akan lebih cepat mencerna sesuatu ketika hal itu tampak oleh mata mereka.

"Kita ngomong makan mungkin mereka gak paham, tapi kalau mereka melihat benda piring dan ada nasi disitu, (mereka akan berpikir bahwa) oh berarti ini makan. Kalau ini sering kita ulang-ulang (berbicara kepada mereka sambil memperlihatkan visual), lama-lama mereka bisa menangkap suara (bunyi) makan itu artinya makan, ada makna aku bisa kenyang," pungkas Titik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com