Kompas.com - 11/04/2022, 11:57 WIB
|

KOMPAS.com - Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 segera ditutup. Karena itu, calon mahasiswa harus segera melakukan pendaftaran UTBK SBMPTN 2022.

Tapi, apakah kamu masih bingung untuk memilih jurusan kuliah? Termasuk memilih kampusnya? Hal ini sangat penting bagi calon mahasiswa.

Tentunya pada SBMPTN nanti calon mahasiswa baru harus dapat menentukan pilihan program studi yang ingin didaftarkan. Dimana terdiri dari 2 program studi pada satu kampus ataupun satu program studi pada 2 kampus yang berbeda.

Baca juga: Dosen Unesa: Pilih Jurusan Kuliah, Orangtua Harus Ikut Berperan

Bagi yang masih bingung, ini tips memilih jurusan kuliah di SBMPTN 2022. Info dilansir dari laman Institut Teknologi Kalimantan (ITK), Kamis (7/4/2022).

Tips memilih jurusan kuliah

1. Coba kenali ketertarikanmu

Hal pertama ialah kamu harus mencoba mengenali ketertarikan dalam diri kamu. Misalnya energi, lingkungan, otomotif, kesehatan, pangan.

Hal yang diri kamu sukai maka akan membuat enjoy dalam menjalankannya. Jadi bisa kenali dulu ya apa yang kamu sukai dan jurusan apa yang sejenis atau masuk bidang tersebut.

2. Punya kemampuan apa pada dirimu

Tips memilih jurusan kuliah berikutnya ialah kamu coba mengenali kemampuan diri apa yang bisa dilakukan.

Misal kalian suka programing maka kemampuan diri kamu cocok untuk bidang program studi yang mengarah ke hal digital atau informatika. Kemampuan diri yang dimiliki juga berpengaruh dalam pertimbangan untuk memilih program studi kuliah.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Simak 5 Cara Memilih Jurusan Kuliah

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.