Kompas.com - 12/04/2022, 09:00 WIB
|

KOMPAS.com - Hingga kini, harga minyak goreng masih tinggi. Padahal, minyak goreng jadi salah satu kebutuhan masyarakat di Indonesia.

Terkait hal itu, mahasiswa Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang (Unnes) membeberkan cara membuat minyak goreng dari kelapa lokal.

Menurut dosen pendamping Meddiati Fajri Putri, SPd., MSc., IPM., inovasi ini sebagai upaya untuk mengatasi kelangkaan minyak goreng dan melambungnya harga minyak yang terjadi saat ini.

Baca juga: Di SNMPTN 2022, Ini 10 Prodi Terfavorit Unnes

"Melihat realita saat ini dimana kebutuhan dasar rumah tangga terutama minyak goreng yang melambung tinggi, membuat masyarakat harus mencari alternatif lain," ujarnya dikutip dari laman Unnes, Senin (11/4/2022).

Karenanya, inovasi Unnes itu ialah mengolah kelapa lokal menjadi minyak goreng.

Punya banyak manfaat

Menurutnya, popularitas minyak kelapa masih kalah dibanding minyak, untuk itu mahasiswa FT Unnes tergugah untuk memanfaatkan kelapa lokal yang dijadikan minyak goreng.

"Di Indonesia, pohon kelapa bisa tumbuh subur di banyak tempat sehingga ketersediaannya bisa mendukung untuk memenuhi kebutuhan minyak kelapa," jelasnya.

Dijelaskan, kelapa lokal ini memiliki beragam manfaat. Selain bisa digunakan untuk minyak goreng yang dipercaya sebagai alternatif minyak kelapa sawit yang lebih sehat, minyak kelapa juga memiliki beragam manfaat lainnya untuk kesehatan dan kecantikan.

Asam lemak tak jenuh yang terkandung dalam minyak kelapa ini sangat baik karena berasal dari Nabati, yang tidak kalah penting minyak kelapa ini tidak meningkatkan kolesterol.

"Selain itu kombinasi kandungan asam lemak pada minyak kelapa dipercaya memiliki efek positif bagi kesehatan mulai dari menghilangkan lemak, menurunkan potensi penyakit jantung dan lainnya," jelasnya.

Baca juga: Mahasiswa UB Inovasi Antibiotik Alternatif dari Tanaman Ini

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.