Kompas.com - 19/04/2022, 08:20 WIB

KOMPAS.com - Dari hasil penutupan pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pada 16 April 2022, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) diminati 39.776 peserta.

Angka tersebut meningkat dari UTBK tahun sebelumnya yang berjumlah 30.017 peserta. Ada kenaikan 9.759 peserta atau 32,5 persen.

“Alhamdulillah, karena kerja sama semua tim pendaftar naik tahun ini. Animo masyarakat untuk kuliah di Unesa cukup tinggi dan meningkat dari tahun ke tahun. Ini menunjukkan peningkatan kepercayaan masyarakat untuk belajar dan mengembangkan diri di Unesa,” ujar Rektor Unesa Prof. Nurhasan, dilansir dari laman Unesa.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 UGM Jalur SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri

Ia menambahkan, kenaikan jumlah pendaftar secara umum hampir terjadi di semua program studi (prodi) yang membuat persaingan masuk Unesa semakin ketat.
Kendati demikian, peluang lolosnya pun terbuka lebar sebab ada penambahan kuota penerimaan mahasiswa baru tahun ini di semua jalur, termasuk UTBK-SBMPTN.

Program studi terfavorit Unesa di UTBK SBMPTN 2022

Berdasarkan data Satuan Admisi, terdapat 10 prodi dengan jumlah pendaftar tertinggi jalur UTBK-SBMPTN 2022. Dari 10 prodi, Psikologi menduduki peringkat tertinggi dan menjadi yang paling favorit pada jalur tersebut. Adapun prodi yang dimaksud sebagai berikut:

1. Prodi Psikologi diminati sebanyak 2.205 pendaftar

2. Prodi Manajemen, 2.113 pendaftar

3. Prodi Ilmu Komunikasi, 1.763 pendaftar

4. Prodi Bisnis Digital, 1.746 pendaftar

5. Prodi PGSD, 1.541 pendaftar

Baca juga: Daftar PKN STAN, Ini Syarat Minimal Nilai UTBK 2022, Rapor dan Ijazah

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.