Kompas.com - 20/04/2022, 10:53 WIB

KOMPAS.com - Saat ini gaya hidup sustainable terus digencarkan. Gaya hidup sustainable ini merupakan gaya hidup berkelanjutan dan ramah lingkungan yang bertujuan untuk meminimalisir kerusakan lingkungan karena aktivitas manusia sehari-hari.

Sebagai orangtua, gaya sustainable ini juga bisa lho diajarkan ke anak-anak sejak dini. Dengan mengajarkan gaya hidup ramah lingkungan, anak-anak akan lebih menjaga lingkungan sekitarnya.

Melansir dari akun Instagaram Paudpedia Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Rabu (20/4/2022), membagikan tips mengolah sampah menjadi sebuah karya seni.

Baca juga: Tips Membuka Usaha Kuliner, Mahasiswa Bisa Coba

Cara mengajarkan anak olah sampah jadi karya seni

Selain mengajarkan gaya hidup ramah lingkungan, kegiatan ini juga bisa mengasah kreativitas anak dengan memanfaatkan sampah yang ada di sekitarnya. 

1. Sampah bisa jadi karya seni kreatif

Di zaman sekarang, jumlah sampah semakin meningkat bahkan di penampungan sampah juga sudah melebihi batas. Maka dari itu untuk mengurangi sampah, lebih baik diolah menjadi produk yang bermanfaat.

Selain itu anak usia dini juga bisa diajak cara mengolah sampah menjadi karya seni kreatif. Seperti botol plastik bisa digunakan sebagai pot bunga yang digantung di dinding atau pagar rumah.

Baca juga: Mahasiswa Undip Ciptakan Minuman Berbahan Alami Cegah Insomnia

2. Ciptakan hal-hal baru dari mengolah sampah

Orangtua bisa membiasakan anak mengolah sampah untuk membentuk pemikirannya menjadi lebih baik. Selain itu juga mendorong anak kreatif dan mampu menciptakan hal-hal yang baru dari hasil mengolah sampah.

Oleh karena itu orangtua harus lebih semangat ketika mengajar membuat karya melalui sampah yang masih bisa digunakan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.