Kompas.com - 21/04/2022, 10:55 WIB

KOMPAS.com - Salah satu karya seni yang disukai banyak masyarakat adalah komik. Karya ini merupakan seni gambar tidak bergerak yang berisi gambar dan tulisan apabila disusun akan membentuk jalinan cerita.

Pada umumnya komik dibuat di atas selembar kertas. Namun, saat ini seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi sudah banyak komik yang diunggah dalam bentuk digital, sehingga bisa dibaca melalui komputer atau gawai.

Kata komik berasal dari Bahasa Yunani, yakni komikos yang bisa diartikan sebagai bercanda atau bersukacita.

Komik bisa dikaitkan dengan komedi, karena masih memiliki keterkaitan.

Walau memiliki hubungan dengan komedi, kini komik tidak selalu membahas hal yang lucu.

Baca juga: Dugong Bisa Berusia 70 Tahun, Siswa Harus Tahu 6 Fakta Ini

Para pembuat komik atau yang biasa disebut komikus akan memanfaatkan segala ruang yang ada untuk meletakkan gambar demi gambar secara berurutan, sehingga membentuk alur cerita yang diinginkan.

Komik terdiri atas gambar dan teks atau tulisan. Oleh karena itu, perlu adanya kesesuaian antara gambar dengan teks, bahkan ekspresi tokoh yang digambarkan, pilihan huruf yang jelas serta kesesuaian ukuran huruf.

Terdapat beberapa jenis komik yang banyak beredar saat ini, yaitu komik kartun, komik potongan (comic strip), komik online, komik tahunan, dan buku komik.

Tidak hanya memuat gambar dan tulisan, komik memiliki karakteristik tersendiri, yakni bersifat proporsional, memuat percakapan, memuat unsur prolog, monolog, dialog, dan epilog, memiliki karakter, dan menyelipkan unsur humor.

Baca juga: Ajak Anak Belajar Mengenal Bagian Tubuh di Komik Cookie Run Science

Di dalam komik terdapat beberapa elemen-elemen utama yang umumnya ditemukan, seperti panel gambar, parit (ruang kosong antar panel), balon kata/balon teks, serta ilustrasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.