Kompas.com - 29/04/2022, 11:35 WIB

KOMPAS.com - Bukan hanya kepada sesama manusia, sikap peduli dan empati terhadap lingkungan juga penting diajarkan pada anak. Hal ini bertujuan agar di masa depan anak dapat bertanggung jawab menjaga lingkungannya.

Dalam Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah, Jamal Ma’mur Asmani menyebut bahwa sikap peduli lingkungan merupakan sebuah sikap untuk selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam sekitarnya.

Tidak hanya mencegah kerusakan lingkungan, sikap ini juga mendorong anak untuk berusaha memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.

Baca juga: 5 Cara Menentukan Jumlah Uang Jajan Anak SD-SMA Menurut Ahli

Lantas, bagaimana cara menumbuhkan sikap peduli lingkungan kepada anak? Berikut beberapa metode yang bisa dilakukan para orangtua, melansir laman platform edukasi Zenius:

1. Mengelola sampah

Mengajarkan anak mengelola sampah menjadi cara termudah bagi para orang tua dalam mengajar anak untuk peduli lingkungan.

Selain membuang sampah pada tempatnya, orang tua juga perlu mengajarkan anak untuk membuang sampah sesuai jenisnya. Mulailah mengajarkan anak berbagai jenis sampah dan bagaimana cara membuang atau mengelolanya. Cara paling mudah, ajaklah anak ketika tengah mengelola sampah.

Ketika tengah memilah sampah bersama anak, jangan lupa menjelaskan berbagai hal, mulai dari berbagai jenis sampah, mengapa sampah harus dipisah agar tidak mencemari lingkungan, hingga berbagai dampak lingkungan yang bisa terjadi jika sampah tidak dikelola dengan benar.

Baca juga: 7 Tanda Anak Cerdas dan Berpotensi Punya IQ Tinggi

2. Merawat tumbuhan dan binatang peliharaan

Merawat tanaman maupun binatang peliharaan juga cukup efektif dalam menumbuhkan sikap peduli lingkungan anak.

Jika orangtua memelihara tumbuhan atau binatang di rumah, cobalah mengajak anak untuk ikut serta merawatnya.

Mulailah dengan menjelaskan apa tumbuhan atau binatang tersebut dan apa saja yang dibutuhkan tumbuhan atau binatang tersebut agar hidup sehat. Setelah itu, orangtua bisa mulai mengajak anak untuk menyiram tanaman, memberi makan, atau memandikan binatang bersama.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.