Kompas.com - 07/05/2022, 19:31 WIB

 

KOMPAS.com - Tak semua obat asam lambung yang dijual bebas bisa dikonsumsi oleh siswa, kecuali dengan anjuran dokter. Meski begitu, saat siswa mengalami sakit perut dan mual akibat naiknya asam lambung, orangtua bisa mencoba meredakannya tanpa obat.

"Ternyata ada cara mengatasi asam lambung tanpa obat. Bagaimana, ya, caranya? Yuk, simak!" tulis akun Instagram resmi Kemendikbud Ristek.

Berikut beberapa upaya yang bisa dilakukan siswa dan orangtua untuk meredakan asam lambung:

1. Hindari makanan pemicu

Hindari makanan tertentu yang memicu mulas seperti kafein, soda, cokelat, buah dan jus jeruk, tomat, bawang, mint dan makanan berlemak tinggi.

Baca juga: Peneliti Unair Hadirkan Produk Herbal Obati Gula Darah dan Kolesterol

2. Konsumsi serat

Serat membantu saluran pencernaan bekerja dengan lancar dan sehat. Perbanyaklah makan serat seperti buah-buahan dan atur porsi makan dengan cara makan sedikit namun sering. Hindari makan dalam porsi besar sekaligus.

3. Hindari makan sebelum tidur

Berhenti makan setidaknya dua atau tiga jam sebelum tidur sehingga perut memiliki kesempatan untuk mengosongkan sebelum berbaring.

4. Makan perlahan

Jangan makan terburu-buru, makanlah dengan perlahan seraya mengunyah makanan dengan baik. Makan dengan perlahan dapat membantu meringankan kerja sistem pencernaan.

5. Hindari merokok

Merokok dapat mengurangi efektivitas otot yang menjaga asam di lambung. Jadi berhenti merokok jika tidak ingin asam lambung kambuh.

Baca juga: Cegah Kenaikan Berat Badan Setelah Puasa, Pakar Unair Beri Tips Ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.