Kompas.com - 09/05/2022, 19:05 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Memilih jurusan kuliah meski terdengar sederhana namun menjadi proses yang dilematis bagi para calon mahasiswa. Calon mahasiswa bisa memilih jurusan kuliah sesuai bakat dan minatnya.

Misalnya saat di sekolah suka dengan suatu pelajaran tertentu, di jenjang perguruan tinggi juga bisa memilih jurusan kuliah yang relevan dengan pelajaran favoritnya.

Ada banyak sekali jurusan kuliah baik di rumpun Saintek maupun Soshum yang bisa dipilih. Melansir dari laman Fakultas Teknik Universitas Pasundan (Unpas), Senin (9/5/2022), memberikan beberapa rekomendasi jurusan kuliah yang bisa dipilih bagi siswa jurusan IPA berikut prospek kerjanya.

Bagi calon mahasiswa yang masih bimbang menentukan jurusan kuliah, informasi ini bisa jadi bahan referensimu.

Baca juga: 8 Kemampuan Hard Skill dan Soft Skill yang Perlu Dimiliki Mahasiswa

1. Pendidikan Dokter

Pendidikan Dokter atau lebih sering disebut dengan Kedokteran adalah salah satu jurusan paling diminati di Indonesia. Jurusan ini akan mempelajari bagaimana mencegah penyakit, mengobati penyakit, dan melakukan perawatan medis.

Peluang pekerjaan Pendidikan Dokter bisa bekerja menjadi dokter di klinik pemerintah atau swasta, dokter di klinik sendiri setelah mendapatkan izin praktik, dan praktisi kesehatan atau peneliti.

2. Farmasi

Secara umum jurusan Farmasi akan mempelajari hal-hal berbau dengan obat mulai dari klasifikasi, fungsi, hingga menganalisis kandungan dari berbagai macam obat yang sudah pernah dibuat.

Peluang pekerjaan bisa sebagai apoteker, peneliti di perusahaan obat atau lembaga pemerintah, dan konsultan obat dan kosmetik.

3. Ilmu Gizi

Jurusan Ilmu Gizi mempelajari pertumbuhan, nutrisi seimbang untuk setiap manusia hingga mengatur nutrisi dalam diet. Apa saja terkait dengan makanan dan efeknya pada tubuh manusia dipelajari dalam jurusan Ilmu Gizi.

Baca juga: Unesa Posisi Ke-8 sebagai Kampus Kualitas Terbaik di Indonesia

Peluang pekerjaan bisa menjadi seorang konsultan gizi di klinik atau rumah sakit, perusahaan pangan sebagai analis, ahli diet, dan membuka bisnis makanan sehat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.