Kompas.com - 13/05/2022, 16:40 WIB

KOMPAS.com - Di momen Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022, Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar) memberikan kado istimewa bagi kepala sekolah berprestasi di Jabar.

Disdik Jabar akan memberangkatkan kepala sekolah berprestasi untuk studi banding ke Jepang bersama Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum.

Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan bahwa tujuan studi banding ini adalah untuk meningkatkan wawasan kepala sekolah, sekaligus bentuk apresiasi kepada kepala sekolah berprestasi.

"Mudah-mudahan ini bisa menjadi motivasi agar kepala sekolah berdedikasi lebih hebat lagi, makanya saya sayembarakan. Seleksinya ditentukan oleh Disdik," paparnya seperti dilansir dari laman Disdik Jabar.

Baca juga: Upacara Hardiknas 2022, Mendikbud Nadiem Kenakan Baju Adat Flores

Sementara itu, Kadisdik Jabar, Dedi Supandi menjelaskan bahwa hal tersebut adalah tindak lanjut program kerja sama antara Pemprov Jabar dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Jepang.

"KBRI ingin ada kerja sama dengan Jabar, terutama untuk pengiriman tenaga kerja dari lulusan SMK," ujar Kadisdik usai mengikuti Upacara Peringatan Hardiknas hari ini, Jumat (13/5/2022).

Kadisdik mengatakan, kriteria pertama kemungkinan adalah kepala SMK. Sebab, jejaring yang akan dihubungkan adalah jejaring tenaga kerja.

"Nanti, kepala sekolah siapa yang akan diberangkatkan, kita akan lakukan seleksi mulai dari cabang dinas," jelasnya.

Ia mengatakan bahwa Disdik Jabar akan segera menyosialisasikan dan membuat formulasi seleksi. Rencananya, keberangkatan ke Negeri Matahari Terbit tersebut dijadwalkan Juni 2022.

Baca juga: Beasiswa S1-S3 Kemendikbud 2022: Banyak Peluang bagi Guru dan Dosen

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.