Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kado Hardiknas, Disdik Jabar Bakal Berangkatkan Kepala Sekolah Berprestasi ke Jepang

Kompas.com - 13/05/2022, 16:40 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Di momen Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022, Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat (Jabar) memberikan kado istimewa bagi kepala sekolah berprestasi di Jabar.

Disdik Jabar akan memberangkatkan kepala sekolah berprestasi untuk studi banding ke Jepang bersama Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum.

Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum mengatakan bahwa tujuan studi banding ini adalah untuk meningkatkan wawasan kepala sekolah, sekaligus bentuk apresiasi kepada kepala sekolah berprestasi.

"Mudah-mudahan ini bisa menjadi motivasi agar kepala sekolah berdedikasi lebih hebat lagi, makanya saya sayembarakan. Seleksinya ditentukan oleh Disdik," paparnya seperti dilansir dari laman Disdik Jabar.

Baca juga: Upacara Hardiknas 2022, Mendikbud Nadiem Kenakan Baju Adat Flores

Sementara itu, Kadisdik Jabar, Dedi Supandi menjelaskan bahwa hal tersebut adalah tindak lanjut program kerja sama antara Pemprov Jabar dan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Jepang.

"KBRI ingin ada kerja sama dengan Jabar, terutama untuk pengiriman tenaga kerja dari lulusan SMK," ujar Kadisdik usai mengikuti Upacara Peringatan Hardiknas hari ini, Jumat (13/5/2022).

Kadisdik mengatakan, kriteria pertama kemungkinan adalah kepala SMK. Sebab, jejaring yang akan dihubungkan adalah jejaring tenaga kerja.

"Nanti, kepala sekolah siapa yang akan diberangkatkan, kita akan lakukan seleksi mulai dari cabang dinas," jelasnya.

Ia mengatakan bahwa Disdik Jabar akan segera menyosialisasikan dan membuat formulasi seleksi. Rencananya, keberangkatan ke Negeri Matahari Terbit tersebut dijadwalkan Juni 2022.

Baca juga: Beasiswa S1-S3 Kemendikbud 2022: Banyak Peluang bagi Guru dan Dosen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com