Kompas.com - 24/05/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Sarapan merupakan pengawal hari yang penting bagi anak-anak. Tahukah orangtua bahwa sarapan memberikan banyak manfaat baik?

Sarapan tidak hanya bisa memberikan energi untuk bekal aktivitas anak di sekolah. Dengan sarapan terlebih dahulu, anak juga akan lebih mudah berkonsentrasi dan bersemangat dalam menjalani aktivitas.

Selain itu, ada beberapa manfaat lain dari sarapan yang perlu ayah bunda ketahui. Dilansir dari laman Paudpedia Kemendikbud Ristek, berikut ulasannya:

Baca juga: Agar Otak Optimal Saat UTBK 2022, Ahli Gizi: Pilih Menu Sarapan Ini

1. Meningkatkan energi

Sarapan pagi merupakan suatu hal yang sangat penting. Terdapat beragam manfaat yang bisa kita dapatkan dari sarapan di antaranya adalah meningkatkan energi.

Begitu juga halnya dengan anak usia dini, oleh karena itu orangtua dapat memilih sarapan dengan kandungan serat dan nutrisi yang tinggi untuk si buah hati. Serat dan nutrisi akan diproses oleh tubuh menjadi energi sehingga membuat si kecil menjadi lebih bersemangat ketika beraktivitas di sekolah

2. Menaikkan metabolisme

Kadar gula akan mengalami penurunan saat tidur, sebab pada saat itu tubuh sedang tidak melakukan pembakaran.

Orangtua dapat memulihkannya, dengan cara memberikan sarapan yang mengandung karbohidrat setiap pagi kepada anak. Dengan rutin memberikan sarapan setiap pagi kepada si buah hati, membuat metabolisme dalam tubuh anak dapat terjaga.

Baca juga: 4 Penyebab Anak Sulit Memahami Pelajaran dan Solusinya

3. Menambah konsentrasi

Selanjutnya, manfaat sarapan untuk anak yaitu dapat menambah konsentrasi. Jadi, jika buah hati orangtua tidak sarapan akan memiliki kecenderungan lamban saat menjalani aktivitas dan juga mempunyai tingkat konsentrasi yang rendah.

Oleh karenanya sarapan merupakan aktivitas yang penting diberikan setiap paginya kepada si kecil. Nutrisi serta energi yang bersumber dari menu sarapan pagi menjadikan si kecil mempunyai rentang waktu konsentrasi yang lebih lama.

4. Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Sarapan setiap pagi, merupakan rutinitas yang sangat penting dilakukan terutama bagi anak sebelum melakukan aktivitas.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.