Kompas.com - 24/05/2022, 09:30 WIB

KOMPAS.com - Penggunaan vaping atau rokok elektrik masih menarik minat banyak orang. Terutama, para kaum perempuan yang lebih memilih vape karena merasa lebih aman daripada memakai rokok.

Sebab, rokok dinilai memiliki efek samping lebih besar bagi perempuan. Seperti gangguan pada ibu hamil dan janin, kesehatan reproduksi, dan gangguan lainnya.

Tetapi, apakah benar menggunakan vape lebih baik daripada rokok? Khususnya bagi para perempuan?

Vella Rohmayani, Dosen Prodi Teknologi Laboratorium Medis (TLM) Program Sarjana Terapan UM Surabaya, memiliki jawaban apakah vape lebih baik dari rokok jika digunakan oleh perempuan.

Baca juga: 5 Alasan Pasangan Selingkuh, Ini Penjelasan Sosiolog Unair

Menurut Vella pada awal kemunculannya vape memang dipromosikan sebagai produk rokok yang lebih ramah terhadap kesehatan.

Hal inilah yang membuat banyak pengguna rokok tembakau konvensional kemudian beralih menggunakan rokok elektrkik atau vape, karena dinilai lebih sehat.

Munculnya tren vaping ini membuat terjadinya peningkatan jumlah perokok di Indonesia. Menurut Asosiasi Personal Vaprizer Indonesia (APVI) pengguna vape pada tahun 2020 sudah mencapai 2,2 juta orang.

Vella yang juga merupakan Anggota Muhammadiyah Tobacco Control Center MTCC UM Surabaya menjelaskan vape memiliki beberapa komponen yaitu propylene, glycol, perasa, air dan nikotin.

WHO menyebutkan bahwa kandungan tersebut merupakan zat yang berpotensi menjadi racun serta bersifat karsinogen.

Baca juga: Apakah Minum Suplemen Dapat Merusak Ginjal? Ini Penjelasan Dokter UGM

Bahkan, kandungan liquid atau cairan perasa pada vape bisa disalahgunakan untuk memasukkan nikotin dengan dosis yang lebih tinggi atau memasukkan bahan lain seperti heroin dan kanibusoil yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan penggunanya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.