Kompas.com - 24/05/2022, 15:17 WIB
|

KOMPAS.com - Apakah Anda pernah mengalami sakit radang tenggorokan dan amandel? Jika pernah, tentu rasanya sakit dan tidak nyaman, apalagi untuk menelan makanan.

Tetunya, kedua penyakit ini merupakan penyakit yang terjadi di dalam area leher. Meski letaknya sama, radang tenggorokan dan amandel merupakan penyakit yang berbeda.

Melansir laman Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Ners Unair), radang tenggorokan punya nama lain, yaitu faringitis. Kondisi ini merupakan peradangan yang terjadi pada daerah faring, yaitu bagian belakang tenggorokan.

Baca juga: Ini Cara Mencegah dan Mengobati Mata Merah dari Ners Unair

Adanya radang tenggorokan akan membuat pengidapnya merasa sangat tidak nyaman, karena menimbulkan sensasi rasa sakit dan panas, sehingga pengidap akan kesulitan untuk menelan.

Radang tenggorokan juga bisa jadi pertanda kalau kamu tengah mengidap demam atau flu. Meskipun terasa sangat tidak nyaman, radang tenggorokan merupakan penyakit yang dapat mereda dengan sendirinya dalam waktu seminggu.

Sedangkan amandel merupakan kondisi saat amandel mengalami peradangan. Amandel sendiri merupakan dua kelenjar kecil yang ada di tenggorokan. Organ ini berfungsi mencegah infeksi, khususnya pada anak-anak.

Namun, seiring dengan bertambahnya usia, fungsi amandel perlahan tergantikan. Nah, seiring dengan fungsinya yang tergantikan, amandel akan perlahan menyusut.

Penyebab terjadinya radang tenggorokan dan amandel

Infeksi virus dan bakteri merupakan penyebab umum terjadinya radang tenggorokan dan amandel. Virus dan bakteri ini yang akan menyebabkan batuk, pilek, serta flu pada pengidap radang tenggorokan dan amandel.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Info Ners Unair

Salah satu bakteri yang dapat menyebabkan kedua kondisi tersebut adalah bakteri Streptococcus pyogenes.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.