Kompas.com - 11/06/2022, 13:29 WIB

 

KOMPAS.com - Mempersiapkan masuk jenjang kuliah saat masih SMA kelas 11, tentu akan lebih baik.

Sebab, untuk masuk ke jenjang perguruan tinggi ada beberapa tahapan seleksi yang berbeda yang harus kamu ketahui.

Misalnya, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk jenjang Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) hingga seleksi mandiri.

Dari tiga jenjang tersebut, dua diantaranya harus dipersiapkan sejak awal. Karena kamu akan melalui tahapan tes tulis yang mau tidak mau, kamu harus belajar banyak materi.

Baca juga: KIP Kuliah Jalur Mandiri PTN-PTS 2022: Cara Daftar, Tahapan, Jadwal

Agar mudah, kamu harus tahu 4 hal yang harus kamu lakukan untuk persiapan masuk kuliah. Dilansir dari laman Akupintar, ini 4 hal yang harus kamu ketahui.

1. Jangan tunda belajar untuk UTBK

Sebagai anak SMA/MA, sudah sewajarnya kalau kamu ingin melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi setelah lulus sekolah nanti.

Pertanyannya, jalur manakah yang akan kamu pilih untuk masuk kuliah? Pertanyaan ini cukup penting karena bisa menjadi awal mula planning masa depan setelah lulus SMA.

Kebanyakan murid ingin kuliah di kampus negeri melalui jalur SBMPTN. Di jalur SNMPTN, karena mengandalkan rapor maka yang diterima pun hanya bisa dihitung jari.

Mayoritas siswa akhirnya harus berjuang di SBMPTN. Ini artinya persiapan siswa kelas 11 sebelum kuliah adalah belajar untuk UTBK.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.