Kompas.com - 11/06/2022, 14:00 WIB
|

KOMPAS.com - Kini, beberapa daerah sudah mulai proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2022. Selain jenjang SMA, kamu juga bisa memilih untuk melanjutkan ke SMK.

Terlebih bagi yang tertarik dengan dunia fesyen, maka bisa mengambil di SMK Tata Busana. Lantas, seperti apa belajar di SMK Tata Busana dan apa saja prospek kerjanya?

Menurut Kepala SMKN 1 Pringapus, Jawa Tengah, Farida Fahmalatif, prospek kerja lulusan tata busana cukup luas dan beragam.

Baca juga: SMK Ini Produksi Film Layar Lebar, Ditarget Masuk Bioskop

SMKN 1 Pringapus sendiri merupakan SMK Pusat Keunggulan (PK) untuk bidang tata busana yang sudah menghasilkan sejumlah produk busana.

Dilansir dari laman Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Jumat (8/4/2022), ini 7 prospek kerja lulusan tata busana bagi calon siswa SMK:

Prospek kerja lulusan tata busana

1. Fashion stylist

Profesi ini bertugas menata penampilan seseorang, mulai dari busana yang cocok dikenakan, bagaimana padu padannya, hingga pilihan aksesoris untuk melengkapi tampilan secara keseluruhan.

Nantinya, seorang fashion stylist bisa bekerja di berbagai bidang. Mulai dari media seperti majalah, televisi, dan periklanan, hingga mengurus penampilan selebriti atau figur publik lainnya.

2. Desainer fesyen

Dian Pelangi sendiri menjadi contoh lulusan SMK yang sukses berkarir sebagai desainer fesyen.

Baca juga: Referensi PPDB, Ini 5 SMK Jurusan Animasi yang Karyanya Mendunia

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.