Kompas.com - 12/06/2022, 19:32 WIB
|

KOMPAS.com - Bagi calon mahasiswa baru, perlu diketahui bahwa masa kuliah harus dimanfaatkan secara maksimal yakni mengisinya dengan kegiatan positif.

Pasalnya tahapan ini menjadi bekal untuk langkah selanjutnya yakni mencari kerja. Sebagai mahasiswa baru tidak hanya semata-mata kuliah dan mengerjakan tugas saja, tapi juga harus mencari banyak pengalaman.

Salah satunya dengan mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang banyak tersedia di masing-masing perguruan tinggi.

Ada berbagai organisasi di perguruan tinggi. Mulai dari organisasi intra-kampus hingga organisasi di luar kampus atau organisasi eksternal. Organisasi kampus ini tentu memiliki tujuan dan fungsinya masing-masing.

Baca juga: Dankos Farma Buka Lowongan Kerja bagi D3-S1, Segera Daftar

Setiap kampus memiliki beragam organisasi kemahasiswaan, seperti organisasi himpunan jurusan, organisasi tingkat fakultas, dan UKM.

Banyaknya jenis organisasi kuliah tentu membuat mahasiswa baru bingung untuk memilih salah satu di antaranya. Bahkan tak jarang seorang mahasiswa mengikuti beberapa organisasi.

Sebelum menentukan pilihan organisasi kuliah, sebaiknya kamu mempertimbangkan beberapa hal.

Dilansir dari laman Institut Teknologi Batam (Iteba), Minggu (12/6/2022), berikut beberapa tips memilih organisasi kuliah agar curriculum vitae (CV) yang kamu gunakan untuk melamar kerja di masa yang akan datang makin menarik.

Baca juga: Guru SMKN 1 Karawang Ciptakan Inovasi Penghemat BBM, Ini Cara Kerjanya

5 tips memilih organisasi kuliah agar CV menarik

1. Pilih organisasi sesuai hobi

Untuk tujuan mengembangkan diri dan meningkatkan skill yang dimiliki, kamu bisa memilih organisasi kampus sesuai dengan hobimu. Misalnya, kamu memiliki hobi traveling ke alam, kamu bisa memilih organisasi atau UKM pecinta alam. Memilih organisasi dan UKM sesuai hobi dapat membuatmu tak merasa terbebani saat menjalankannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.