Kompas.com - 13/06/2022, 14:09 WIB
|

KOMPAS.com - Kini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) punya program Ekstrakurikuler Wajib Pendidikan Kepramukaan (EWPK).

Dalam webinar gelaran Direktorat Sekolah Dasar, Senin (30/5/2022), Dr. Ir. Eko Warisdiono, M.M., Analis Kebijakan Ahli Madya Direktorat Sekolah Dasar memberikan penjelasan.

Menurutnya, kepramukaan menjadi bagian dari proses pembelajaran di satuan pendidikan. Perlu adanya muatan-muatan yang akan menjadi konten pokok di dalam kepramukaan, sehingga kegiatan kepramukaan menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi peserta didik.

Baca juga: Siswa, Ini Bahan Alami Menghilangkan Jerawat

"Melalui webinar ini semoga satuan pendidikan bisa semakin berinovasi, dapat mengadaptasi dan bisa menerapkan kepramukaan sesuai dengan kondisi dan lingkungan sekolah masing-masing," ujarnya dikutip dari laman Direktorat SD.

"Kita ingin wawasan tentang kepramukaan semakin berkembang sehingga kita kaya dengan konten-konten kepramukaan," jelasnya.

Sementara, Ahmad Istajib, Pelatih Kwartir Daerah Jawa Tengah selaku narasumber webinar mengatakan, pendidikan kepramukaan itu adalah proses pembentukan kepribadian dan kecakapan hidup melalui penghayatan dan pengamalan nilai-nilai kepramukaan.

Inilah yang menjadi spirit mengapa pendidikan kepramukaan diwajibkan sebagai ekstrakurikuler wajib di sekolah.

Dasa darma merupakan sepuluh kebijakan yang menjadi pedoman bagi Pramuka dalam kehidupan sehari-hari. "Nilai-nilai kepramukaan terkandung dalam dasa dharma dan tri satya," terangnya.

Dasa darma pramuka

Bagi para siswa sekolah tentu harus paham dengan dasa dharma pramuka, yakni:

  1. Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia
  3. Patriot yang sopan dan ksatria
  4. Patuh dan suka bermusyawarah
  5. Rela menolong dan tabah
  6. Rajin, terampil dan gembira
  7. Hemat, cermat dan bersahaja
  8. Disiplin, berani dan setia
  9. Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
  10. Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan

Baca juga: Siswa, Yuk Coba 5 Upaya Kurangi Sampah di Laut

Kemudian tri satya berasal dari dua kata, yaitu "tri" yang berarti tiga dan "satya" yang berarti janji. Sederhananya, tri satya adalah tiga janji yang mendasari gerakan pramuka.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.