Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Seluk beluk Perjanjian Kerja yang Perlu Dipahami Fresh Graduate

Kompas.com - 17/06/2022, 09:14 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Fauzi Ramadhan dan Brigitta Valencia Bellion

KOMPAS.com - Selamat datang di dunia kerja, para fresh graduate! Sudah paham mengenai perjanjian kerja?

Sebelum lebih jauh menyelami seluk-beluk dunia kerja, kamu harus paham apa saja yang ada di permukaannya terlebih dahulu. Misalnya menyusun curriculum vitae, mengumpulkan portofolio, hingga mempertajam soft-skill dan hard-skill.

Jika akhirnya lolos di pekerjaan yang kamu inginkan, selamat bereuforia merayakannya! Akan tetapi, jangan biarkan diri untuk terus-menerus berlarut dalam euforia, sebab hal pertama yang harus kamu perhatikan selanjutnya adalah memahami perjanjian kerja.

Eits, apa itu perjanjian kerja? Apakah kalau sudah menyetujui perjanjian tersebut kita telah resmi terikat menjadi karyawan?

Jawaban dari pertanyaanmu akan terjawab melalui episode perdana siniar (podcast) OBSESIF yang kini sudah memasuki musim kelima bertajuk “Hubungan dan Jenis Perjanjian Kerja”.

Bersama SSAJ & Associates, sebuah firma hukum berpengalaman yang memberikan layanan hukum khususnya di bidang ketenagakerjaan, kita akan belajar memahami perjanjian kerja dalam podcast tersebut.

Menurut Pasal 1 Angka 14 dalam Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, perjanjian kerja merupakan perjanjian antara pekerja/buruh dengan pengusaha atau pemberi kerja yang memuat syarat-syarat kerja, hak, dan kewajiban para pihak.

Baca juga: Ketahui Cara Mengelola Utang yang Baik

Lantas, jika berbicara mengenai isi dari perjanjian kerja, mengacu pada Pasal 54, berikut isinya yang sekurang-kurangnya memuat:

  1. nama, alamat perusahaan, dan jenis usaha;
  2. nama, jenis kelamin, umur, dan alamat pekerja/buruh;
  3. jabatan atau jenis pekerjaan;
  4. tempat pekerjaan;
  5. besarnya upah dan cara pembayarannya;
  6. syarat syarat kerja yang memuat hak dan kewajiban pengusaha dan pekerja/buruh;
  7. mulai dan jangka waktu berlakunya perjanjian kerja;
  8. tempat dan tanggal perjanjian kerja dibuat; dan
  9. tanda tangan para pihak dalam perjanjian kerja.

Dasar Perjanjian Kerja

Lebih lanjut, sebelum menyetujui isi dari perjanjian kerja, kamu harus memahami dasar-dasar perjanjian kerja terlebih dahulu. Menurut Pasal 52 dalam UU yang sama, berikut dasar-dasar yang dijadikan dasar perjanjian kerja:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.