Kompas.com - 17/06/2022, 12:51 WIB
|

KOMPAS.com - Apakah kamu calon mahasiswa? Jika iya, maka kamu harus mulai melakukan persiapan, salah satunya ikut ospek.

Apa itu ospek? Dilansir dari laman Quipper Campus, Jumat (17/6/2022), ini penjelasannya. Ospek adalah singkatan dari orientasi studi dan pengenalan kampus.

Jadi, kegiatan ini memiliki tujuan untuk memperkenalkan kehidupan kampus kepada para mahasiswa baru. Ospek juga menjadi satu cara untuk:

1. mengenalkan dunia kampus

2. berkenalan dengan mahasiswa satu angkatan

Baca juga: Mahasiswa UNY Inovasi Mie Kulit Singkong Aman bagi Penderita Diabetes

3. memiliki momen yang berkesan ketika masa ospek itu sendiri

Pada kegiatan ini, nantinya mahasiswa diberikan gambaran serta pemahaman mengenai dunia kuliah. Tak hanya itu saja, terkadang mahasiswa baru juga diberi tugas yang aneh oleh kakak tingkat.

Namun, semuanya punya tujuan agar meningkatkan kesiapan sang mahasiswa dalam menjalani perkuliahannya di jurusan masing-masing.

Sejarah ospek

Adapun sejarah ospek yakni pada tahun 1898 hingga 1927, ospek sebenarnya sudah diterapkan di salah satu institusi pendidikan yaitu STOVIA. Kemudian kampus tersebut berubah menjadi Universitas Indonesia usai masa kemerdekaan Indonesia.

Namun kala itu, orientasi studi malah dijadikan ajang perpeloncoan antara senior kepada juniornya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.