Kompas.com - 17/06/2022, 14:19 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Pada masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2022, siswa akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Namun butuh berbagai pertimbangan yang wajib dilakukan sebelum memilih sekolah. Seperti pilihan sekolah yang sifatnya umum atau kejuruan, prospek sekolah di masa depan, hingga biayanya.

Bagi siswa SMP yang sudah lulus, bisa melanjutkan pendidikan ke SMA atau SMK. Bagi kamu yang tertarik melanjutkan pendidikan ke sekolah kejuruan, ada tips yang bisa kamu lakukan sebelum memilih SMK di PPDB 2022.

Salah satu keuntungan memilih SMK yaitu sekolah bisa mempersiapkan siswa didiknya untuk langsung bekerja.

Baca juga: Fenomena Remaja Hadang Truk, Ini Alasannya Menurut Pakar Unair

Tips memilih SMK

SMK saat ini kian diminati, bahkan, hasil survei Kemendikbud Ristek bersama Markplus Inc menunjukkan, 82 persen masyarakat tertarik dengan SMK.

Pilihan SMK saat ini juga beragam. Setidaknya ada lebih dari 14.000 SMK di seluruh Indonesia dengan 49 pilihan program studi dan 146 kompetensi.

Melansir dari laman Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Ditjen Vokasi Kemendikbud Ristek), Kamis (16/6/2022), ada beberapa tips yang bisa dilakukan siswa agar tak bingung saat memilih SMK sesuai keinginanmu:

1. Tentukan jurusan SMK yang benar-benar diinginkan

Jurusan akan menentukan bidang atau kompetensi apa yang akan dipelajari. Jadi, sebaiknya pikirkan baik-baik jurusan yang akan diambil, jangan sampai salah jurusan.

Baca juga: Mainan Edukasi PAUD di Sikka Masih Kurang, Guru Manfaatkan Bahan Lokal

Untuk menentukannya, mulailah dengan mengenali minat kalian. Misalnya saja, jika kamu tertarik pada dunia memasak, maka tidak ada salahnya untuk memilih SMK jurusan tata boga.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.