Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Kuliah di Kota Malang Bebas Biaya? Cek 5 Beasiswa Ini

Kompas.com - 19/06/2022, 08:01 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kota Malang, termasuk salah satu kota yang dilirik banyak calon mahasiswa dari berbagai daerah.

Ada 4 kampus negeri yang bisa dipilih mahasiswa. Mulai Universitas Brawijaya (UB), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim, dan Politeknik Negeri Malang (Polinema).

Selain itu, banyak pula kampus swasta yang tersebar. Misalnya, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Binus Malang, Ma Chung, Universitas Merdeka (Unmer), Universitas Katolik Widya Karya dan ada juga kampus di bawah Kemenkes, Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Malang.

Baca juga: 5 Kota yang Biaya Hidupnya Murah, Cocok buat Mahasiswa

Apalagi, dengan hawa yang cukup sejuk dan banyaknya tempat wisata, tak heran juga menjadi pertimbangan calon mahasiswa.

Tetapi biar bisa kuliah di Malang, calon mahasiswa perlu juga mempertimbangkan menggunakan beasiswa yang bisa dipilih.

Beasiswa tersebut akan memberikan kemudahan bagi kamu untuk menjalani masa-masa kuliah dengan keringanan biaya. Pilihan beasiswa ini bisa dipergunakan oleh mahasiswa yang berprestasi dan juga mahasiswa yang kurang mampu.

Jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan lagi. Buat kamu yang berniat untuk berburu beasiswa Universitas di Malang, berikut daftar beasiswa yang bisa kamu coba, dilansir dari laman Widya Karya.

1. Coba daftar beasiswa KIP Kuliah

Tips mendapatkan beasiswa Universitas di Malang adalah dengan mencoba daftar beasiswa KIP Kuliah. Dengan mendaftar KIP, maka kamu akan berkesempatan untuk berkuliah di Universitas Malang dengan bantuan dana yang memadai.

Di sini tentu ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi, misalnya batas usia adalah 21 tahun, kemudian tidak mampu secara ekonomi, lalu memenuhi beberapa persyaratan administrasi yang lainnya.

2. Ikuti Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik)

Universitas di Malang juga akan menyediakan beasiswa PPA atau Peningkatan Prestasi Akademik. Bagi kamu yang memang memiliki prestasi, tidak ada salahnya untuk mengikuti beasiswa yang satu ini.

Baca juga: Cerita Dosen Achmad, 12 Kali Gagal Raih Beasiswa Luar Negeri

Dengan ini, kamu bisa mendapatkan kemudahan dana bantuan karena prestasimu. Memang untuk bisa memperoleh beasiswa ini, kamu pun juga harus bisa mendapatkan IPK setidaknya 3.00, serta kelengkapan surat penghasilan orang tua.

3. Bergabung Beasiswa Supersemar

Buat kamu yang cinta berorganisasi dan ingin mendapatkan beasiswa Universitas di Malang dengan mudah, maka kamu bisa mengikuti beasiswa Supersemar ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com