Kompas.com - 20/06/2022, 10:41 WIB

KOMPAS.com - Pada umumnya, masa studi mahasiswa jenjang Sarjana (S1) adalah delapan semester sehingga membutuhkan waktu sekitar empat tahun untuk menyelesaikan kuliah.

Tetapi, lulus lebih cepat dari empat tahun bukan hanya mimpi. Tak sedikit mahasiswa yang mampu membuktikannya.

Buat kamu calon mahasiswa baru, Dilansir dari laman Widya Karya, ada 7 cara yang bisa kamu ikuti agar bisa lulus kuliah S1 dalam waktu 3,5 tahun atau tujuh semester saja. Berikut tipsnya:

Baca juga: UI dan Universitas Pertamina Buka Flash Track, Kuliah S1-S2 Hanya 5 Tahun

1. Baca dan pahami terlebih dahulu buku panduan kuliah

Saat memasuki masa orientasi mahasiswa baru, biasanya pihak kampus membagikan buku panduan pembelajaran berisi mata kuliah-mata kuliah yang bisa kamu ambil tiap semesternya.

Biasanya mata kuliah ini terbagi menjadi Mata Kuliah Wajib dan Pilihan.

Untuk mahasiswa S1, beban studi yang harus diselesaikan adalah 144 sks (satuan kredit semester).

Maka bagi saja ke dalam enam semester. Sebab, karena mahasiswa semester satu mengambil paket mata kuliah sehingga tidak bisa memilih sendiri.

Dengan menambah sks di semester-semester awal, bebanmu di semester akhir akan lebih ringan dan kamu bisa fokus mengerjakan skripsi.

Baca juga: Mahasiswa Butuh Biaya Kuliah dan Hidup? Daftar Beasiswa Pertamina 2022

2. Buat target besaran indeks prestasi kumulatif tiap semesternya

Besaran indeks prestasi kumulatif (IPK) semester itu penting. Nilai IPK akan menentukan jumlah beban sks yang bisa kamu ambil di semester berikutnya. Semakin besar nilai IPK-mu, semakin banyak pula mata kuliah yang bisa kamu ambil.

Setiap semester biasanya universitas memberikan batas maksimal 24 sks. Pastikan IPK-mu pada posisi aman (diatas 3.0) supaya bisa mengambil 24 sks tiap semesternya sehingga tujuanmu lulus 3,5 tahun bisa tercapai.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.