Kompas.com - 20/06/2022, 08:15 WIB

KOMPAS.com - Apakah kamu tahu, pintar dan cerdas itu merupakan dua hal yang berbeda Secara umum, perbedaan cerdas dan pintar yang paling terlihat adalah dari segi pola pikir yang berbeda.

Pola pikir adalah suatu gagasan, metode, ataupun cara yang diyakini dan digunakan oleh seseorang saat memandang serta memahami suatu hal. Sehingga, cara berpikir ini akan memengaruhi cara seseorang mengambil keputusan dan menangani sesuatu.

Oleh sebab itu, orang pintar yang biasanya mendapatkan pengetahuan dari belajar teori akan menangani suatu kondisi berdasarkan apa yang mereka pelajari saja, sedangkan orang cerdas mampu melihat dari berbagai sudut pandang dan bisa berpikir cerdik dan kreatif dalam melihat sesuatu.

Baca juga: 5 Ciri Orang Cerdas Bukan Hanya Dilihat dari IQ, Kamu Punya Ciri-cirinya?

Dilansir dari laman Zenius Education, berpikir cerdas adalah keadaan di mana saat kamu menemukan atau mempelajari sesuatu hal yang sulit dan kompleks, lalu bisa memikirkan solusi untuk menyelesaikannya dengan cara yang cepat serta mudah dipahami tidak hanya oleh diri sendiri namun juga orang lain.

Mengembangkan pola pikir adalah salah satu hal yang penting untuk dapat berpikir cerdas. Dengan memiliki cara berpikir terbuka dan kritis terhadap sesuatu, bisa menghasilkan pikiran yang lebih kreatif dan inovatif serta tidak bergantung dengan satu cara dalam menangani suatu hal.

Memiliki pola pikir seperti orang cerdas tentu akan menguntungkan dalam menghadapi berbagai macam situasi. Hal ini dikarenakan pikiran bisa cepat beradaptasi dengan keadaan.

Baca juga: 7 Tanda Anak Cerdas dan Berpotensi Punya IQ Tinggi

5 Perbedaan cerdas dan pintar

Logika vs pengetahuan

Hal pertama mengenai perbedaan cerdas dan pintar adalah orang cerdas akan selalu menggunakan logika mereka ketika berpikir untuk mendukung pengetahuan yang mereka miliki. Sehingga, orang cerdas dapat menguasai lebih dari satu bidang.

Untuk informasi, logika adalah suatu kemampuan untuk berpikir kritis dan rasional dalam melihat sesuatu berdasarkan fakta sehingga dapat menghasilkan kesimpulan yang dapat diterima oleh semua orang tidak hanya berdasarkan kepercayaan saja.

Di lain sisi, orang pintar cenderung mengandalkan pengetahuan yang mereka miliki yang diperoleh dari hasil belajar dan cenderung hafalan. Oleh sebab itu, kepintaran selalu berkaitan dengan prestasi akademik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.