Kompas.com - 23/06/2022, 19:27 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Para peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022 bisa bernafas lega setelah melihat pengumuman dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Kamis (23/6/2022).

Ketua LTMPT Prof. Mochamad Ashari menegaskan bahwa SBMPTN 2022 keketatannya cukup tinggi. Sehingga peserta yang lolos harus bersyukur karena bisa terpilih di PTN pilihannya.

Dalam SBMPTN 2022, Universitas Airlangga (Unair) menerima 1.925 mahasiswa. Rektor Unair, Prof. Mohammad Nasih menjelaskan, pada SBMPTN, Unair menerima 1.925 peserta dinyatakan lulus SBMPTN dari 31.088 peserta yang ikut.

"Artinya tingkat keketatannya kurang lebih di angka 6 persen. Sedikit lebih ketat dibandingkan dengan SNMPTN yang sudah diumumkan sebelumnya," terang Prof. Nasih seperti dikutip dari laman Unair, Kamis (23/6/2022).

Baca juga: 9 Calon Mahasiswa Kedokteran Raih Nilai Tertinggi di UTBK SBMPTN 2022

Prof. Nasih menyampaikan, terdapat 347 mahasiswa peserta Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah yang tersebar di beberapa jurusan.

Jurusan terbanyak penerima KIP-K antara lain:

1. Program Studi Keperawatan yakni sebanyak 21 peserta

2. Ekonomi Pembangunan, dan Ekonomi Islam masing masing 20 peserta.

"Peserta yang dinyatakan lulus SBMPTN di Unair, sebagian besar masih didominasi oleh perempuan," urai Prof. Nasih.

Baca juga: Adaro Energy Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan S1/S2, Ayo Daftar

Namun, secara jumlah terjadi penurunan komposisi peserta perempuan jika dibandingkan dengan hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.