Kompas.com - 27/06/2022, 05:47 WIB
|

KOMPAS.com - Dengan adanya program Guru Penggerak dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), pendidik bisa meningkatkan kompetensi sebagai pemimpin pembelajaran yang berpusat pada murid.

Selain itu, pendidik juga dapat meningkatkan performa diri dalam menjadi guru yang sebenar-benarnya yang berpusat pada murid.

Guru di SMPN 7 Makassar Nasmur Kohar berinovasi dalam mengembangkan metode belajar mengajar di sekolahnya agar lebih menarik bagi peserta didik.

Sebagai bagian program "Guru Penggerak", guru yang akrab disapa Nasmur ini paham memanfaatkan potensi dan rasa ingin tahu siswa-siswanya.

Baca juga: Omron Indonesia Buka Lowongan Kerja bagi D4/S1, Yuk Daftar

Optimalkan kegiatan kokurikuler

Dia tidak hanya mengajak siswa belajar di kelas, tapi justru mendorong anak didiknya untuk mempelajari apa yang bisa dilakukan di luar sekolah.

Mengingat untuk memenuhi capaian pembelajaran tidak cukup dengan belajar di kelas (intrakurikuler), maka Nasmur memaksimalkannya di kokurikuler.

Menurutnya, melalui kegiatan kokurikuler, siswa yang sudah menguasai materi di intrakurikuler bisa bekerja sama dengan yang belum paham di pelajaran tersebut.

"Misal materi IPA, senyawa dan campuran saya tidak ajar maksimal di intrakurikulernya, saya terapkan (maksimalkan) di pelajaran kokurikulernya," urai Nasmur seperti dikutip dari laman Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud Ristek, Minggu (26/6/2022).

Ajak siswa amati kondisi lingkungan

Menurutnya, dengan cara ini nantinya anak-anak yang sudah paham di intrakurikuler, bisa membantu temannya yang belum paham.

Baca juga: Itera Masih Buka Jalur Mandiri SMMPTN Barat Sampai 27 Juni

Kegiatan ini, dimulai dengan mengajak anak didiknya untuk mengamati bagaimana kondisi lingkungan di sekitar tempat tinggal mereka. Misalnya, bagaimana pengelolaan sampahnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.