Kompas.com - 28/06/2022, 15:31 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Dunia balapan identik dengan kalangan pria. Meski ada perempuan yang berkecimpung secara profesional di dunia balap sangat jarang sekali.

Meski menjadi kalangan minoritas di dunia balap, tak menyurutkan semangat mahasiswi Program Studi (prodi) Ilmu Teknologi Pangan Fakultas Pertanian (FP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Qanita Syahshiyah.

Bahkan mahasiswa berhijab ini telah menekuni dunia balap rally sejak tahun 2020. Qanita mengaku, saat mengawali terjun dunia balap rally dengan menjadi navigator ayahnya.

Kemudian pada akhir tahun 2021, Qanita mulai turun sebagai driver bersama kakaknya, Tyara Rally Athiyyah Nabila yang menjadi navigatornya.

Baca juga: UB Buka Jalur Mandiri Nilai UTBK, Cek Syarat, Jadwal dan Biayanya

Banyak raih prestasi dari lomba balap rally

Meskipun Qanita terbilang belum lama dalam dunia balap rally, tetapi sebelumnya Qanita telah berhasil meraih Juara 1 kategori Retro di Pertamax Turbo Sprint Rally dan Juara 2 grup R3 di Meikarta Sprint Rally.

Kedua perlombaan tersebut diraih pada tahun 2020. Baru-baru ini ia bersama kakaknya berhasil menyabet juara 2 kelas F1 pada ajang perlombaan Stage Park Sprint Rally Kejurda (Kejuaraan Daerah) Jawa Barat Sprint Rally Putaran 1.

Serta Juara 2 tim dengan membawa nama EuroStar Racing Team bersama ayah dan adiknya.

"Awalnya aku takut untuk turun sebagai driver dan nyetir mobil balap. Tapi karena aku diajarin dan terus di support orangtua dan lingkunganku, akhirnya aku memberanikan diri untuk turun dan lanjut terus sampai sekarang," kata Qanita seperti dikutip dari laman UNS, Selasa (28/6/2022).

Baca juga: USU Terima 2.479 Mahasiswa Jalur UTBK SBMPTN, Ini 6 Prodi Terfavorit

Ingin hidupkan kategori wanita di dunia balap Indonesia

Meski sekeluarga banyak yang berkecimpung di dunia balap, Qanita terus berlatih untuk mengembangkan keterampilannya. Dengan banya berlatih, bisa meraih prestasi baru dalam perlombaan balap rally.

Selain itu, Qanita juga punya tujuan bisa menghidupkan kembali kategori wanita di dunia balap Indonesia. Qanita mengaku, banyak suka duka yang telah dialami selama mengikuti berbagai perlombaan.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.