Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

British Council Kucurkan 21.000 Poundsterling untuk Kemitraan I3L dan University of Dundee

Kompas.com - 30/06/2022, 12:06 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.comBritish Council berencana memberikan bantuan sebesar 21.000 pound sterling bagi Indonesia International Institute for Life Sciences (i3L) dan University of Dundee guna mendukung program Going Global Partnership (GGP).

Hibah diberikan kepada kedua institusi ini untuk mendanai mobilitas mahasiswa, dosen, dan staf.

Selain meninjau kampus i3L sebagai salah satu penerima grant GGP, para delegasi British Council serta peserta kegiatan juga mengadakan pertemuan dengan pihak University of Dundee dan Combiphar sebagai mitra dalam kerja sama ini.

"Kami sangat senang melihat perkembangan kerja sama ini yang terjalin di masa semakin eratnya hubungan Britania Raya dan Indonesia dalam berbagai aspek, termasuk kesehatan," ungkap ujar Hugh Moffatt, Country Director British Council.

"Dan Kesehatan merupakan salah satu sektor kerja sama yang paling penting dalam hubungan bilateral kedua negara ini," tambah Hugh.

Terkait teknis kerja sama akademik i3L dan University of Dundee, Head of International Office i3L Pingkan Sumampow menyampaikan, sampai saat ini kerja sama i3L dan University of Dundee adalah dalam bentuk program gelar ganda (Double Degree) bagi mahasiswa S1.

Selain itu, kedua perguruan tinggi juga menjalin kerja sama untuk internship (magang) dan joint research untuk mahasiswa dan dosen.

Melalui kerja sama double degree, mahasiswa i3L berkesempatan untuk lulus dengan dua ijazah dan dua gelar.

"Mahasiwa yang mengikuti program Double Degree ini akan mendapatkan ijazah i3L dan University of Dundee saat kelulusan, serta gelar tambahan Bachelor of Science in Biomedical Studies dari University of Dundee," jelas Pingkan.

Baca juga: Uhamka Raih Hibah PKM 2022 Terbanyak di LLDikti Jakarta

“Kami menargetkan untuk memberangkatkan sejumlah mahasiswa ke University of Dundee untuk program double degree dan internship, serta terlaksananya proyek-proyek riset hasil kolaborasi i3L, University of Dundee, dan Combiphar,” tutup Pingkan.

Pertemuan resmi ini juga dihadiri delegasi British Council yang lain; Andy Williams (Chief Operating Officer), dan Richard Hookway (anggota Board of Trustee) serta staf British Council Muhaimin Syamsuddin (Senior Program Manager) dan Linda Djayusman (Program Manager).

University of Dundee diwakili Prof Kim Dale (School of Life Sciences Assistant Vice Principal International), Graham Christie (Academic Lead for International Activity in ASEAN Region), dan Grant Smith (Internationalisation Lead).

Dennis Widjaja selaku Strategic Planning Senior Manager dan Ananda Sari hadir mewakili pihak Combiphar.

Sedangkan mewakili I3L hadir Rektor Katherine Kho, Wakil Rektor Arli Aditya Parikesit, Kaprodi Biomedicine Elizabeth Sidhartha, serta mahasiswa I3L peserta program magang ke University of Dundee, dan tim International Office serta Branding and Communication.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com