Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/06/2022, 16:03 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Belajar animasi sedang menjadi tren di kalangan para pelajar dan mahasiswa. Mengapa belajar animasi kian menarik?

Kemampuan membuat animasi, menjadi sebuah keahlian yang banyak dibutuhkan bahkan dibayar tinggi.

Beberapa pekerjaan yang berkaitan dengan animasi seperti animator dan kontent kreator, juga membutuhkan keahlian ini.

Apakah kamu tertarik untuk belajar lebih dalam tentang animasi? Ada 5 website untuk belajar animasi yang cukup mudah dioperasikan. Apa saja? Berikut daftarnya dilansir dari laman Binus University:

Baca juga: Calon Mahasiswa, Lulusan dari 10 Jurusan Kuliah Ini Banyak Dicari 2025

1. Powtoon

Teruntuk kamu yang ingin membuat presentasi yang berbeda dari yang lain, atau ingin membuat video youtube, kamu bisa menggunakan Powtoon.

Powtoon merupakan website yang menyediakan beberapa template animasi berupa background dan karakter seperti pria dan wanita.

Kamu bisa sesuka hati menggabungkan berbagai unsur tersebut, termasuk gambar, kalimat, voice over, dan musik, menjadi sebuah video yang enak dipandang.

Fitur gratis Powtoon memungkinkan kamu untuk bisa membuat video dengan durasi maksimal 3 menit. Jika ingin mendapat fitur lain dan durasi yang lebih panjang, kamu harus mengambil langganan berbayar.

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang

2. Moovly

Moovly merupakan website untuk membuat animasi secara gratis. Moovly menyediakan template, ribuan foto, video dan suara, serta memiliki fitur untuk upload ke youtube, seperti powtoon.

Jika kamu merasa stylemu lebih cocok dengan moovly, kamu bisa berlangganan berbayar untuk mendapat akses yang lebih banyak lagi.

Moovly cocok digunakan untuk membuat animasi presentasi yang formal, dan disediakan template Doodle Marker yang membuat videomu seolah-olah ada tangan kamu sedang menulis.

3. Animaker

Animaker memiliki berbagai video, foto, yang sangat mudah digunakan. Ada 1.000 template lebih dan bisa juga membuat avatar atau karakter manusia. Di website ini juga tersedia fitur untuk mengecilkan ukuran video.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Lulusan dari 10 Jurusan Kuliah Ini Banyak Dicari 2025

4. Animatron

Melalui website ini, kamu bisa membuat video animasi dengan dasar HTML 5.

Animatron juga memberikan kursus untuk kamu yang tidak tahu basic animasi. Terdapat beberapa template, seperti membuat video penjelasan, video papan tulis, dan masih banyak pilihan lainnya.

Kamu bisa berlangganan gratis maupun berbayar. Namun untuk fitur gratis, video yang bisa dibuat hanya 1 menit, dan maksimal membuat 5 video. Tetapi jika kamu sudah mulai jago membuat animasi, tidak ada salahnya mencoba berlangganan berbayar dan mendapat akses yang lebih banyak.

5. Motionden

Motionden memberikan akses video gratis, template gratis, dan berbagai fitur untuk adjust video agar menjadi lebih bagus.

Kamu juga bisa menambahkan musik, suara, text atau video buatanmu sendiri secara gratis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com