Kompas.com - 30/06/2022, 20:00 WIB

 

KOMPAS.com - Karena imun bayi yang berbeda dengan orang dewasa, membuat bayi rentan terserang penyakit.

Salah satunya gangguan kesehatan yang bisa dialami bayi ialah mata berair yang terus-menerus keluar. Mata berair atau banyaknya air mata yang keluar pada bayi bisa jadi merupakan tanda penyumbatan saluran yang dapat menjadi sumber infeksi pada mata apabila dibiarkan.

Normalnya, bola mata selalu dilapisi oleh air mata. Akan tetapi, dalam kondisi yang berlebihan akan sangat mengganggu terutama pada bayi.

“Ada dua penyebab utama yang mengakibatkan mata berair pada bayi. Pertama produksi yang berlebih dan kedua adalah saluran air mata tersumbat,” ujar dr Sutjipto dilansir dari laman Universitas Airlangga (Unair), saat mengisi segmen Dokter Unair TV (25/6/2022).

Baca juga: Apakah Minum Suplemen Dapat Merusak Ginjal? Ini Penjelasan Dokter UGM

Dokter Sutjipto menyebut bayi mungkin mengalami penyumbatan saluran air mata yang menyebabkan mata berair.

Kondisi ini cukup umum terjadi pada bayi. Saluran air mata yang tersumbat terjadi ketika air mata tidak dapat bergerak dari sudut kelopak mata ke saluran yang melapisi hidung.

“Usia 0 sampai 1 bulan, 60-70 persen pada saat bayi lahir saluran tersebut masih buntu.Tapi jangan khawatir, kondisi ini akan sembuh dengan sendirinya,” ujarnya.

Mata berair pada bayi, juga bisa disebabkan oleh alergi. Misalnya, alergi terhadap debu, kotoran, atau bulu yang ada di sekitar rumah.

Selain menyebabkan mata jadi berair, alergi juga bisa membuat anak merasa tidak nyaman. Kondisi lebih lanjut bisa saja terjadi infeksi.

“Salah satu infeksi pada mata yang sering dialami banyak orang termasuk bayi adalah konjungtivitis. Kondisi ini bisa terjadi ketika ada infeksi virus atau bakteri masuk ke mata dan menyebabkan mata jadi berwarna merah, berair, bengkak, dan nyeri,” tambahnya.

Baca juga: Indofood CBP Buka Banyak Lowongan Kerja Lulusan SMA-SMK dan D3-S1

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.