Kompas.com - 02/07/2022, 13:07 WIB
|

KOMPAS.com - Sudah menjadi rahasia umum bahwa buah dan sayur mempunyai manfaat besar bagi kesehatan manusia.

Keberadaan buah dan sayur ini juga selalu diperingati lho setiap tahunnya. Perlu kamu ketahui bahwa Hari Buah Sedunia diperingati tiap 1 Juli.

International Fruit Day atau Hari Buah Sedunia pertama kali dirayakan 1 Juli 2007 di Berlin. Dalam perayaannya, beberapa orang berbagi buah favorit mereka.

Aviria Ermamilia Dosen Departemen Gizi Kesehatan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FKKMK UGM) mengatakan, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan agar buah dan sayur dapat bertahan lama dan kandungan gizinya tetap terjaga.

Baca juga: Perusahaan Kontruksi Lepas Pantai Ini Buka Lowongan Kerja S1/S2

Berikut tips menyimpan dan mengonsumsi buah dan sayur agar bisa bertahan lama dan nutrisinya tetap utuh dari dosen FKKMK UGM.

1. Pilih buah dan sayur berkualitas

Menurut Aviria, masyarakat dapat memulai dengan memilih buah dan sayur dengan kualitas yang baik, yaitu harus utuh, minim goresan, dan kematangan yang pas.

2. Perhatikan suhu saat menyimpan buah dan sayur

Setelah itu, penyimpanan buah dan sayur secara umum harus memperhatikan suhu, menjaga kelembapan dan sirkulasi udaranya. Buah dan sayur dapat disimpan di kulkas dengan suhu rendah (kurang dari tiga derajat celcius).

"Hal ini memberikan aktivitas minimal untuk enzim perusak atau yang membuat buah dan sayur membusuk lebih cepat," jelas Aviria Ermamilia seperti dikutip dari laman UGM, Sabtu (2/7/2022).

Baca juga: Kunjungan Jokowi ke Ukraina-Rusia, Pakar UGM: Sangat Strategis

3. Beberapa buah justru jangan disimpan di kulkas

Aviria Ermamilia menerangkan, ada beberapa buah yang harus diberi perlakuan khusus saat menyimpannya.

Seperti pisang, jangan dimasukkan dalam kulkas karena justru akan mempercepat proses pencoklatan dan akan menjadi kurang baik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.