Kompas.com - 04/07/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Lima mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang tergabung dalam Tim Barunastra ITS sukses menyabet Juara Umum dalam ajang International Roboboat Competition (IRC) 2022 di Amerika Serikat.

Tim Barunastra ITS terdiri dari Nawab Aditya, Dion Andreas Solang, Zulieta Krisna D, Azayaka Emeraldi Indaryo, dan Halen Dinata Atmaja.

Dalam ajang kompetisi IRC 2022, Tim Barunastra ITS membuat inovasi Kapal Nala Thesus. Kapal Nala Theseus merupakan kapal yang dibuat khusus untuk IRC 2022 oleh tim Barunastra ITS.

Kapal dengan dengan panjang total kapal 0,88 meter dan lebar total kapal 0,72 meter ini sukses melakukan semua misi yang ada. Untuk menjadi juara, ada tujuh misi yang harus berhasil dilakukan oleh Nala Theseus.

Baca juga: Kisah Putri, Siswi Madrasah Anak Petani, Raih Beasiswa Kuliah ke Kanada

Selain itu, salah satu inovasi yang menjadi nilai tambah untuk kapal mereka karena menggunakan desain modularity. Desain modularity dibuat untuk menampung banyak muatan di atas kapal.

Konsep ini mempunyai prinsip desain yang membagi sistem menjadi bagian-bagian kecil dengan sebutan modul. Modul dapat dimodifikasi, diganti, atau ditukar secara independen dengan modul lainnya.

Didampingi oleh Rudy Dikairono selaku pembimbing, tim sukses meraih First Place Design Documentation dan First Place Autonomy Challenge dalam ajang kompetisi IRC 2022 yang diselenggarakan di Florida, Amerika Serikat pada tanggal 19 - 25 Juni 2022.

Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti memberikan apresiasi kepada Tim Barunastra ITS atas prestasi yang mengaharumkan nama bangsa.

“Atas nama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyampaikan apresiasi kepada Tim Barunastra ITS yang telah berjuang luar biasa serta mengharumkan nama Indonesia,” urai Suharti dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (2/7/2022), dilansir dari laman Kemendikbud.

Baca juga: Rahasia Izza, Siswa yang Lolos di 10 Kampus Dalam dan Luar Negeri

Suharti berharap, penghargaan yang telah diraih dapat memantik tumbuhnya talenta muda nasional lainnya yang menginspirasi di bidang sains dan teknologi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.