Kompas.com - 06/07/2022, 06:39 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Indonesia memiliki kesenian dan kebudayaan yang sangat beragam. Hal ini pula yang menjadi daya tarik bagi orang-orang dari negara lain untuk datang ke Indonesia.

Bahkan tak sedikit warga negara asing yang jatuh cinta dengan kesenian dan kebudayaan Indonesia dan ingin mempelajarinya lebih dalam lagi.

Sudah banyak contoh warga negara asing yang akrab dengan kesenian Indonesia. Seperti seorang warga negara asing yang menjadi sinden dan ada lagi warga asing fasih berbahasa Jawa.

Kali ini, guru musik dari Kanada berkesempatan mencoba alat musik gamelan di Universitas Pasundan (Unpas) Bandung.

Baca juga: Calon Doktor UB Teliti Daun Ini untuk Terapi Kanker Hati

Dua guru musik asal Kanada belajar gamelan di Unpas

Gamelan merupakan salah satu alat musik asli Indonesia yang sangat unik. Gamelan menawarkan pesona tersendiri dan mampu mencuri perhatian warga negara asing untuk mendalami alat musik tradisional ini.

Dua guru sekolah musik asal Kanada sengaja datang ke Kampus IV Universitas Pasundan (Unpas) Bandung untuk mempelajari gamelan.

Keduanya merupakan rekan Dekan Fakultas Ilmu Seni dan Sastra (FISS) Unpas Dr. Senny Suzanna Alwasilah.

"Mereka punya studio musik sendiri, jadi murid-muridnya datang ke sana untuk belajar. Baik secara privat atau kelompok. Tapi mereka sesekali mengajar di sekolah dan mengisi workshop," urai Senny seperti dikutip dari laman Unpas, Selasa (5/7/2022).

Baca juga: Dokter Unair Ungkap 7 Gejala TBC dan Tahapan Pengobatannya

2 jam bisa kuasai dasar-dasar gamelan

Menariknya, hanya dalam waktu 2 jam, dua guru musik asal Kanada ini bisa menguasai dasar-dasar gamelan lewat arahan dan panduan dosen prodi Seni Musik FISS Unpas, Rosikin WK.

Di Bandung, mereka menetap selama 2 hari untuk berlatih karawitan Sunda. Selain diajarkan dasar-dasar gamelan, mereka juga diperkenalkan dengan karawitan Sunda.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.