Kompas.com - 05/07/2022, 17:25 WIB
|

KOMPAS.com - Sejak adanya ponsel pintar atau gawai yang canggih, kini banyak anak-anak yang bermain dengan gawainya. Sebab, dari perangkat canggih itu bisa bermain apa saja.

Hanya saja, dari kecanggihan ini seharusnya tidak menenggelamkan rasa peduli, kerja sama atau bergotong royong pada anak.

Tetapi sikap-sikap positif ini tetap harus dibangun dalam diri seorang anak agar kelak ia tumbuh sebagai sosok yang penuh peduli terhadap sesama.

Baca juga: 7 Upaya Pencegahan Perundungan pada Anak Usia Dini

Gotong royong sendiri juga salah satu aspek yang ditekankan pada profil Pelajar Pancasila sebagaimana yang tertuang dalam kebijakan kurikulum merdeka.

Dengan demikian saat ini guru dan orang tua hendaknya memiliki wawasan yang terbuka bahwa pembelajaran ternyata tidak melulu tentang baca tulis hitung melainkan perlu dukungan atau support sistem untuk membangun karakter positif anak.

Untuk mencapai hal ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan jiwa gotong royong, terlebih di satuan PAUD.

Melansir laman Direktorat PAUD Kemendikbud Ristek, Jumat (1/7/2022), ini 4 cara yang bisa dilakukan pada anak usia dini:

1. Ajak anak berkolaborasi

Kolaborasi sangat penting bagi aktivitas anak terutama pada saat belajar dan bermain. Ia akan terus berkolaborasi dengan teman-temannya selama aktivitasnya berlangsung.

Guru memiliki peran penting dalam mendukung kegiatan kerja sama ini, misalnya memfasilitasi kegiatan proyek selama bermain dengan menyediakan sumber bermain yang kondusif dan menyenangkan.

Baca juga: Ini Manfaat dan Tujuan Bermain bagi Anak Usia Dini

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.