Kompas.com - 06/07/2022, 16:42 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Sebelum minum obat, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. Sebelum minum obat tertentu, kamu wajib membaca anjuran pemakaian yang biasa tertera di kemasan obat.

Selain itu kamu juga wajib mempelajari efek samping setelah mengonsumsi obat tertentu. Beberapa langkah ini penting dilakukan agar tidak terjadi efek tak diinginkan setelah minum suatu obat.

Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) Prof. Oki Suwarsa menjelaskan, reaksi tertentu setelah mengonsumsi obat adalah salah satu reaksi dari erupsi obat alergi.

"Istilah masyarakat itu 'keracunan'. Padahal, itu mungkin reaksi alergi yang memang tidak bisa diprediksi," terang Prof. Oki seperti dikutip dari laman Unpad, Rabu (6/7/2022).

Baca juga: Seperti Ini Solusi Atasi Ancaman Hama Tikus dari Pakar IPB

Dua klasifikasi reaksi simpang obat

Menurut Prof. Oki, erupsi obat alergi merupakan salah satu reaksi simpang dari suatu obat (adverse drug reaction/ADR) yang tidak diinginkan.

Reaksi simpang obat tersebut memiliki dua klasifikasi, yaitu reaksi yang dapat diprediksi serta reaksi yang tidak dapat diprediksi.

Prof. Oki mengungkapkan, reaksi yang dapat diprediksi atau tipe A. Reaksi tipe A dapat terjadi pada setiap individu. Selain itu, dosis obat berpengaruh terhadap terjadinya reaksi. Reaksi tipe A sendiri merupakan efek samping, akibat overdosis, atau karena interaksi obat dengan obat lainnya.

"Reaksi tipe A ini sudah bisa kita prediksi. Misalkan kalau kita beri obat dalam kemasan, ada efek samping ngantuk, muntah, diare, dan sebagainya,” kata Prof. Oki.

Baca juga: PT Dharma Polimetal Buka Lowongan Kerja bagi D3-S1, Segera Daftar

Sementara reaksi yang tidak bisa diprediksi dikenal sebagai reaksi tipe B. Prof. Oki mengatakan, kondisi erupsi alergi obat termasuk ke dalam reaksi yang tidak bisa diprediksi.

Reaksi ini hanya terjadi pada individu yang rentan (suceptible). Reaksi ini juga tidak bergantung pada dosis dan tidak berhubungan dengan farmakologi obat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.