Kompas.com - 16/07/2022, 11:00 WIB

 

KOMPAS.com - Memperoleh beasiswa dapat menjadi salah satu cara untuk meringankan biaya studi. Itulah mengapa, informasi beasiswa dalam dan luar negeri kerap menjadi perhatian banyak mahasiswa.

Untuk meraihnya, dibutuhkan usaha dan strategi tepat. Apa saja kiat meraih beasiswa? Berikut rahasia mendapatkan beasiswa, dilansir dari laman Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I).

Baca juga: Tanoto Foundation Buka Beasiswa S1, Beri Biaya Kuliah hingga Uang Saku

1. Mencari informasi detil

Kamu tidak akan bisa mendapatkan beasiswa jika hanya mengandalkan informasi dari satu sumber saja.

Para mahasiswa yang sukses mendapatkan beasiswa baik dalam dan luar negeri, selalu gigih mencari informasi dari segala sumber. Mulai dari grup Whatsapp, media sosial, Internet, hingga pusat-pusat budaya.

Untuk itu kamu harus rajin mencari semua jenis beasiswa yang sedang dibuka. Daftarkan dirimu dan jangan hanya mengandalkan satu lowongan beasiswa saja.

2. Menyiapkan seluruh berkas

Pendaftaran beasiswa memberikan syarat berkas yang lengkap. Mulai dari ijazah hingga curriculum vitae. Pastikan kamu sudah menyimpan semua dokumen dengan baik di satu tempat, sehingga kamu bisa mengambilnya saat dibutuhkan.

Pendaftaran beasiswa biasanya juga mewajibkan kamu untuk mengunggah banyak berkas dalam bentuk PDF. Jangan malas untuk memindai berkas-berkas fisik itu dan buatlah softcopy berkas yang rapi.

Baca juga: Kemendikbud Luncurkan Beasiswa Indonesia Maju, Kuliah Gratis S1-S2

3. Memahami persyaratan

Ada banyak mahasiswa yang tidak lolos seleksi beasiswa karena melupakan tips yang satu ini.

Penyelenggara biasanya memberikan persyaratan yang sangat banyak sehingga kamu harus teliti dan cermat dalam membacanya.

Budaya malas membaca adalah halangan besar buatmu. Jadi biasakan dirimu mau membaca dengan detil apalagi yang menyangkut beasiswa dan masa depanmu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.