Kompas.com - 21/07/2022, 16:43 WIB

KOMPAS.com - Prestasi internasional kembali diraih mahasiswa Indonesia. Kali ini, prestasi diraih oleh dua tim dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang terdiri atas ITS Champion in Robocup (Ichiro) dan ITS Robot with Intelligent System (IRIS).

Kedua tim mahasiswa ITS sukses boyong dua kategori Juara dalam ajang International RoboCup (IRC) 2022 di Bangkok, Thailand yang berlangsung pekan lalu, 13—16 Juli 2022.

RoboCup merupakan kompetisi hasil inisiatif ilmiah internasional yang bertujuan untuk memajukan seni Robot, kecerdasan buatan, dan otomasi yang cerdas.

Tahun ini, kompetisi RoboCup diikuti oleh 400 tim dengan 3.000 peserta dari 45 negara.

Baca juga: Siswa Indonesia Raih 5 Medali Olimpiade Matematika Internasional 2022

Pelaksana tugas Kepala Pusat Prestasi Nasional (Plt. Kepala Puspresnas), Kemendikbudristek, Asep Sukmayadi dilansir dari Kemendikbud Ristek menyampaikan apresiasi kepada ITS Champion in Robocup (Ichiro) dan ITS Robot with Intelligent System (IRIS).

“Atas nama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), saya menyampaikan apresiasi kepada ITS Champion in Robocup (Ichiro) dan ITS Robot with Intelligent System (IRIS) yang telah berjuang luar biasa serta mengharumkan nama Indonesia," ujarnya dilansir dari Kemendikbud Ristek.

Asep Sukmayadi berharap predikat juara yang telah diraihnya dapat memantik tumbuhnya talenta muda nasional lainnya yang menginspirasi di bidang sains dan teknologi.

“Ajang ini sangat baik untuk para mahasiswa mengembangkan diri sekaligus dapat memotivasi para peraih juara untuk terus meningkatkan keterampilan dan pemahaman di bidang teknologi dan robotika,” tekannya.

Dua Tim ITS yang didampingi oleh Muhtadin selaku Pembina Tim Robotika ITS ini memperoleh posisi ketiga dari 12 tim yang berasal dari 12 negara.

Baca juga: 5 Ciri Orang Cerdas Bukan Hanya Dilihat dari IQ, Kamu Punya Ciri-cirinya?

Para tim bertanding dalam kategori Humanoid Soccer Kid Size dan Middle Size League.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.