Kompas.com - 26/07/2022, 07:41 WIB

KOMPAS.com - Saat pasien hendak melakukan operasi, biasanya akan dilakukan tindakan anestesi atau pembiusan.

Pembiusan atau anestesi adalah sebuah tindakan yang diberikan kepada pasien untuk membantu pasien agar tidak merasa sakit selama prosedur medis dilakukan.

Dokter sekaligus dosen Universitas Airlangga (Unair), Bambang Pujo Semedi mengatakan bahwa pembiusan sangat penting dalam proses operasi.

Bambang menuturkan bahwa pembiusan sebenarnya mudah dilakukan. Namun, lanjutnya, proses pembiusan tersebut harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak terjadi masalah nantinya.

“Proses pembiusan itu yang sulit bukan proses menidurkannya tapi membangunkannya,” tuturnya, dilansir dari laman Unair saat mengisi acara. 

Baca juga: Tips Makan Kerupuk Tanpa Bikin Gemuk, Simak Info Ners Unair

Bambang menjelaskan empat tahap yang akan dilalui pasien ketika dibius total. Tahap pertama yaitu hilangnya rasa nyeri dan sakit.

Tahap kedua atau tahap antara yaitu kondisi dimana orang tidak sepenuhnya sadar.

Tahap ketiga adalah mulainya ada gangguan yang menyebabkan penghambatan fungsi otak sehingga pasien tidak bisa merasakan nyeri dan tidak sadarkan diri.

Lalu tahap keempat akan muncul apabila bius yang diberikan terlalu banyak.

“Kita dalam proses anestesi itu hampir sama checklist-nya sama seperti menerbangkan pesawat. Tidak ada salah satu pun yang boleh ketinggalan. Kalau ada yang ketinggalan, ketika ada masalah bisa fatal, kalau tidak ada masalah tidak apa-apa,” jelas Bambang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.