Kompas.com - 27/07/2022, 12:23 WIB

KOMPAS.com - Industri animasi saat ini makin berkembang. Baik secara global maupun di dalam negeri.

Banyak perguruan tinggi pun saat ini banyak yang menyediakan jurusan di bidang animasi. Jika kamu punya keahlian menggambar, jurusan animasi ini bisa menjadi pilihanmu di perguruan tinggi.

Menurut Agus Setiawan, pendiri Forum Animasi Malang (FAM) sekaligus alumni jurusan animasi dari SMKN 4 Malang, Jawa Timur, pada dasarnya animasi merupakan kerja kreatif yang tidak bisa dilakukan seorang diri.

"Jadi, wajar jika banyak profesi yang terlibat dalam industri animasi ini dan tidak semuanya berhubungan dengan menggambar," kata Agus seperti dikutip dari akun Instagram Direktorat Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), @kamivokasi, Rabu (27/7/2022).

Baca juga: Astra Internasional Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan S1, Buruan Daftar

Dia menekankan, terlebih, dalam pembuatan animasi juga terbagi dalam 3 tahapan yang saling terkait, yakni pra-produksi, produksi, dan juga pasca-produksi.

7 profesi lain di bidang animasi

Kira-kira apa saja profesi yang terlibat dalam proses pembuatan sebuah animasi? Simak informasi berikut ini:

1. Script writer

Pembuatan sebuah animasi didasari dari naskah. Seorang script writer bertugas menulis dan mengembangkan naskah yang akan menjadi sebuah cerita menarik.

Profesi script writer harus memastikan keseluruhan cerita mulai dari alur karakter dan sebagainya.

2. Character designer

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.