Kompas.com - 28/07/2022, 12:38 WIB

KOMPAS.com - Penyanyi, aktris peran sekaligus penulis buku, Naura Ayu kembali merilis buku keenam "A Teen’s Guide to Self-Discovery", Rabu (27/7/2022).

Selain merilis lagu yang bertemakan remaja, buku ini dibuat oleh Naura sebagai salah satu rangkaian karya dari Naura yang membahas perihal masalah yang kerap dialami oleh kaum remaja termasuk dirinya sendiri, seperti perubahan-perubahan dalam hal minat, pola berpikir, cara belajar, hubungan dengan orang tua, masalah pertemanan hingga masalah percintaan.

Selain itu, Naura juga mengajak para penggemarnya yaitu “Teman Naura” untuk mengajukan pertanyaan untuk Naura maupun curhat bareng atau bercerita tentang masalah yang sedang mereka hadapi.

Baca juga: Sulit Kelola Keuangan, Tantangan Mahasiswa Indonesia yang Kuliah di Luar Negeri

Tidak disangka, ribuan direct message (DM) masuk ke akun Instagram @naura_ayu, yang di mana mereka banyak membahas mengenai kepercayaan diri, self-image, bullying, hingga soal kesedihan, ketakutan, dan kegagalan.

Naura bersama team management PT. Trinity Artist Management dan redaksi Penerbit KPG (Kepustakaan Populer Gramedia) melakukan seleksi dan merangkum menjadi beberapa topik pembahasan hingga menjadi 12 bab, yang terdiri dari:

Bab 1: Overthinking
Bab 2: Insecurities
Bab 3: Bullied
Bab 4: Helplessness
Bab 5: Self-Harm
Bab 6: Self-Management
Bab 7: Aspiration
Bab 8: Failure
Bab 9: Self-Acceptance
Bab 10: Family
Bab 11: Friendship
Bab 12: Virtual Life

Baca juga: 5 Ciri Orang Cerdas Bukan Hanya Dilihat dari IQ, Kamu Punya Ciri-cirinya?

Di setiap bab di atas, Naura menulis jawaban dari berbagai pertanyaan Teman Naura berdasarkan pengalaman saat Naura menghadapi hal–hal yang ditanyakan, seperti bagaimana cara Naura menghadapi haters di dunia maya, bagaimana saat rencananya tidak berhasil, serta bagaimana saat ia harus menghadapi banyak orang.

Di luar dugaan, ada juga pertanyaan-pertanyaan sensitif, seperti self-harm yang dijawab Naura dengan sangat bijak.

Penyanyi yang belum lama ini merilis single ketiga yang berjudul “Menikmati Sedih” ini berharap, Teman Naura yang sedang mengalami kesulitan akan termotivasi dengan kehadiran bukunya dan dirinya dapat menjadi salah satu support system mereka.

Seperti yang Naura sendiri rasakan, selain keluarga dan sahabat, Teman Naura menjadi salah satu support system-nya saat menghadapi kesulitan di masa remaja sekarang ini.

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.