Kompas.com - 03/08/2022, 20:54 WIB

KOMPAS.com - Pusat Studi Bioteknologi dan Program Studi Magister Bioteknolgi Universitas Gadjah Mada (UGM) bersama dengan Direktorat Pengabdian Kepada Masyarakat (DPKM) UGM mengadakan Program Pengabdian kepada Masyarakat kepada siswa-siswi tingkat Sekolah Dasar di Kecamatan Ngaglik, Sleman, DIY.

Kegiatan yang mengusung tema "Edukasi Raja Manta" (Gerakan Jajanan Aman dan Sehat) ini mengajak para siswa Sekolah Dasar (SD) agar lebih memperhatikan pemilihan jajanan yang dikonsumsi di sekolah.

Kegiatan pengabdian dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Seloharjo dan di Sekolah Dasar Negeri Sukosari. Kegiatan ini diikuti seluruh siswa siswi kelas 1 hingga 6. 

Untuk mengajak para siswa SD bisa memilih jajanan yang sehat saat di sekolah, kegiatan dikemas dengan berbagai permainan interaktif. Selain itu juga diselipi dengan pemaparan materi dan kuis mengenai makanan dan jajanan yang aman dan sehat di sekolah.

Baca juga: Lowongan Kerja Honda Prospect Motor bagi Lulusan D3/S1 Banyak Jurusan

Memilih dan mengenali manan yang aman dan sehat

Ketua program pengabdian sekaligus Kepala Pusat Studi Bioteknologi UGM Dr. Yekti Asih Purwestri mengatakan, mengonsumsi makanan yang sehat menjadi suatu hal mendasar bagi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak.

Terutama dalam mendukung proses belajar di sekolah.

Menurutnya, tidak sedikit dari anak-anak belum bisa membedakan jajanan yang aman untuk dikonsumsi. Sehingga kondisi ini cukup mengkhawatirkan.

"Karenanya kegiatan ini saya rasa sangat penting untuk diberikan kepada siswa-siswi SD untuk lebih mengenali dan memilih makanan yang aman dan sehat," terang Dr. Yekti Asih Purwestri seperti dikutip dari laman UGM, Rabu (3/8/2022).

Baca juga: Beasiswa Chevening 2023/2024 Dibuka, Cek Timeline Pelaksanaannya

Makanan sehat kunci pertumbuhan anak

Yekti menyampaikan, makanan sehat menjadi kunci bagi pertumbuhan dan perkembangan yang sehat khususnya pada anak-anak di masa pertumbuhan.

Makanan ini tidak hanya didapat dari rumah, melainkan bisa didapatkan anak-anak di lingkungan termasuk sekolah.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.